jump to navigation

Hal-Hal Penting dalam LOGIKA MATEMATIKA 3 November 2009

Posted by RobiMu in Matematikaku.
trackback

Ada beberpa hal yg perlu dikuasai dalam memahami pelajaran LOGIKA, buat adik-adik yang merasa kesulitan disini kak robi akan membantu menerangkanya semoga mudah dimengerti.

Tabel Kebenaran

Misalkan : p, q adalah suatu pernyataan

tabel_kebenaran

S = SALAH dan B = BENAR

Keterangan untuk Tabel kebenaran :

p Λ q (KONJUNGSI) : KONJUNGSI, bernilai Benar Jika dua-duanya  Benar (BABE BILANG BOLEH)

p V q (DISJUNGSI) : DISJUNGSI, bernilai Salah  jika dua-duanya  Salah (SUKA SUKA SAYA)

p –> q (IMPLIKASI) : Implikasi, bernilai Salah jika dari Benar ke Salah (BILA SAYANG SAYA)

P <-> q (BIIMPLIKASI) :Biimplikasi, bernilai Benar jika sama-sama Benar atau sama Salah (SAMA BESAR)

Coba perhatikan kalimat yg saya buat :

“BABE BILANG BOLEH SUKA SUKA SAYA BILA SAYANG SAYA SAMA BESAR”

Keterangan lebih Jelas :

BABE BILANG BOLEH” = Pada Konjungsi bernilai BENAR jika BENAR dan BENAR

SUKA SUKA SAYA” =  Pada Disjungsi bernilai SALAH jika SALAH dan  SALAH

BILA SAYANG SAYA” = Pada Implikasi  jika dari BENAR ke SALAH akan bernilai SALAH

SAMA BESAR” = Pada Biimplikasi bernilai BENAR (dibaca BESAR)  jika SAMA sama BENAR atau SAMA

sama SALAH

Implikasi, Invers, Konvers, Kontraposisi

Perhatikan gambar berikut :

Perubahan Implikasi

Contoh :

p : Hari Hujan

q : Saya tidak sekolah

Implikasi              : Jika hari hujan maka saya tidak sekolah

Invers                   : Jika hari hujan maka saya sekolah

Konvers                : Jika saya tidak sekolah maka hari hujan

Kontraposisi       : Jika saya sekolah maka hari tidak hujan

EKIVALEN (pernyataan yang memiliki nilai kebenaran yg sama)

Untuk pernyataan yang EKIVALEN cukup dua hal saja yang perlu diingat, selebihnya HANYA berupa perubahan saja :

Pertama               : p–> q ekivalen dengan ~p –> ~q “sebuah implikasi ekivalen dengan kontraposisinya”

Kedua                   :  p –> q ekivalen dengan ~p V q (baca : tipuq artinya tidak p atau q)

Contoh :

p –> ~q ekivalen dengan ~p –> q , dan

p–> ~q ekivalen dengan   ~p V ~q

Perhatikan Perubahannya :

perubahan ekivalen

Pernyataan BerKuantor

kuantor

Penarikan Kesimpulan

penarikan kesimpulan

p : Hari Hujan

q : Saya tidak sekolah

Contoh Ponens :

–          Jika hari hujan maka saya tidak sekolah

–          Hari hujan

Kesimpulan : saya tidak sekolah

Contoh Tollens :

–          Jika hari hujan maka saya tidak sekolah

–          Saya sekolah

Kesimpulanya : hari tidak hujan

Contoh Silogisme :

–          Jika hari hujan maka saya tidak sekolah

–          Jika saya tidak sekolah maka saya tidur dirumah

Kesimpulan : Jika hari hujan maka saya tidur dirumah

INGAT : Pada penarikan kesimpulan, sering muncul penggunaan EKIVALEN dalam merubah-rubah  pernyataan sehingga dapat ditemukan bentuk yg sesuai dengan Ponens, Tollens dan Silogisme.

Demikian dulu pembahasan mengenai LOGIKA MATEMATIKA, semoga bisa bermanfaat, jika ada saran atau pertanyaan silahkan dishare dihalaman ini. salam matematika, !!!

kunjungi terus : muhar5yah.wordpress.com

Komentar»

1. arum - 3 November 2009

bagus pak, pemetaan rumusnya, dl aq belajar tu 7 thn yg lalu, plg q suka tu mapel logika matematika, jd inget lg…..

wah, arum mampir diblogku, thanks ya…jangan lupa terus dipromosiin blogku ini…heheheh

2. arif - 3 Januari 2010

wedew…jadi inget mata kuliah otomasi dulu, heheh


Tinggalkan Balasan

