jump to navigation

Menghafalkan Jumlah, Selisih Sudut pada Trigonometri 9 November 2008

Posted by RobiMu in Matematikaku.
trackback

Kali ini kita akan mempelajari bagaimana menghafalkan Jumlah dan Selisih sudut pada trigonometri, perhatikan gambar berikut :batubatrei1

Gambar diatas, kita sebut sebagai BATU BATERAI, liat ada tanda positif negatif, ibaratnya kutub positif dan negatif, dari gambar diatas ada sebanyak delapan rumus jumlah dan selisih trigonometri yang dapat diturunkan. Nah bagaimana cara menggunakan “BATU BATERAI” diatas, berikut penjelasannya :

Penjelasan dari BATU BATERAI kiri ke BATU BATERAI kanan,

LIHAT TANDA 1/2(+) dan 1/2(-) pada gambar BATU BATERAI kanan

C + C  —-> 2.C.C  ,artinya    Cos A + Cos B = 2.Cos 1/2(A+B). Cos 1/2(A-B)

C – C  —-> -2.S.S  ,artinya   Cos A Cos B  = -2.Sin 1/2(A+B). Sin 1/2(A-B)

S + S  —-> 2.S.C   ,artinya    Sin A + Sin B    = 2.Sin 1/2(A+B). Cos 1/2(A-B)

S – S  —-> 2.C.S   ,artinya    Sin A Sin B    = 2.Cos 1/2(A+B). Sin 1/2(A-B)

Penjelasan dari BATU BATERAI kanan ke BATU BATERAI kiri,

LIHAT TANDA (+) dan (-) pada gambar BATU BATERAI kiri

C + C <—- 2.C.C  ,artinya   2. Cos A. Cos B = Cos (A+B) + Cos (A-B)

Cos A. Cos B = 1/2 [Cos (A+B) + Cos (A-B)]

C – C <—- -2.S.S  ,artinya   -2. Sin A. Sin B = Cos (A+B) – Cos (A-B)

Sin A. Sin B = -1/2 [Cos (A+B) – Cos (A-B)]

S + S <—- 2.S.C  ,artinya   2. Sin A. Cos B = Sin (A+B) + Sin (A-B)

Sin A. Cos B = 1/2 [Sin (A+B) + Sin (A-B)]

S – S <—- 2.C.S  ,artinya   2. Cos A. Sin B = Sin (A+B) – Sin (A-B)

Cos A. Sin B = 1/2 [Sin (A+B) – Sin (A-B)]

Rumus diatas juga bisa kita buat jembatan keledainya,

C + C  dibaca [Dua Cowok Bersama]  <=====> 2.C.C dibaca [Di (2) Cuekin Cewek]

C – C dibaca [Dua Cowok Berselisih] <=====> -2.S.S dibaca [Min Di(2) SiSihi]

S + S dibaca [Dua Sindikat Bersama] <=====> 2.S.C dibaca [Di(2) SiCat]

S – S dibaca [Dua Sindikat Berselisih] <====> 2.C.S dibaca [Di(2) Cuekin Saja]

keterangan : kata “Di” artinya (2), ingat aja tumbuhan DIKOTIL, berkeping 2.

Semoga penjelasan diatas bisa membantu untuk memahami konsep  jumlah dan selisih sudut pada trigonometri.

Komentar»

1. n_g - 13 Desember 2008

qUW p’naH BcA tRiK NiCH d bKUna pRIMgma.0wY,thENKz yuUAh..da pkE iZTilaH”,lchu bhNGEt

2. nurulwidya - 24 Desember 2008

kak…
heuheu,,main2 lah ke blog kuwh,tinggalkan jejak ya.
loh kok mangilnya kak ya?
hehe uda,,

3. sasongko - 2 Januari 2009

lam knal..
waduh…
makNYOZ…bangetz tuh trik…

mna lagi nich trik yang laen…

klu ada, kbri aku y…

thank’s…

4. RobiMu - 3 Januari 2009

oke ntar kalo ada lagi dipost lagi diblog ini…..

5. mufihah_bawil4 - 7 Januari 2010

bags jga ya, idenya……… trims. ada lg nggak???????????

6. fio - 12 April 2010

soal² trgonometriNa dnkz skalian pnylsainNa ^_^


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: