jump to navigation

Menghafalkan Perbandingan Trigonometri Melalui Gambar dengan Benar 2 Oktober 2008

Posted by RobiMu in Matematikaku.
trackback

Pada kali ini saya akan membahas cara menghafalkan sudut-sudut trigonometri melalui gambar dengan benar.

kita mulai terlebih dahulu dengan sebuah segitiga siku-siku , perhatikan gambar berikut :

Diketahui sebuah sudut sebesar x derajat, dengan :

Sisi didepan x, sebesar b satuan disebut sisi depan (disingkat : DE))

Sisi disamping x, sebesar a satuan disebut sisi samping (disingkat : SA)

Sisi miring, sebesar c satuan disebut sisi miring (disingkat : MI)

sin x =  b/c = perbandingan sisi depan(DE) dengan sisi miring (MI) —> dibaca : DEMI

cos x = a/c = perbandingan sisi samping (SA) dengan sisi miring (MI) —> dibaca : SAMI

tan x = b/a = perbandingan sisi depan(DE) dengan sisi samping (SA) —> dibaca : DESA

Untuk nilai sec x, cosec x, dan cotan x tinggal dibalik aja :

sec x, merupakan kebalikan dari cos x , sehingga sec x = c/a —> dibaca MISA

cosec x, merupakan kebalikan dari sin x, sehingga cosec x = c/b —> dibaca MIDE

cotan x, merupakan kebalikan dari tan x, sehingga cotan x = a/b —> dibaca SADE

walaupun gambarnya diputar-putar tetap berlaku hal yang sama, perhatikan gambar berikut :

konsep diatas tetap berlaku, jadi jangan terpengaruh dengan gambar segitiga siku-siku yang diputar-putar, yang perlu diperhatikan adalah, dimana letak sudut x, sehingga dapat ditentukan sisi depan, sisi samping dan sisi miring untuk mendapatkan nilai sin x, cos x dan tanx, begitujuga untuk nilai sec x, cosec x dan cotan x.

Komentar»

1. shandy prawita - 2 Oktober 2008

sebelumnya terima kasih akan penjelasannya.
tapi yang saya tanyakan : bagaimana cara mendapatkan nilai-nilai sudut istimewa dengan jalan menggambarkannya.
misal: sin 0= 0, cos 0= 1, tan 0= 0 dan seterusnya. tolong gambarkan dan jelaskan cara mendapatkannya.
Thank’s

2. RobiMu - 2 Oktober 2008

Makasih masih ngikutin pembahsan tentang trigonometri ini, ntr jawabannya saya sent ke emailnya, coz kalo dibahas diblog ntr bikin pembaca lain bingung. Okey, tunggu aja!!! Btw, panggilannya siapa niy?msh skul? kls brp?

3. Ebill - 2 Oktober 2008

klo sin,cos,dan tangen bs pakai gambar,,,gmn klo sekan,kosekan,kotangen,dll…

4. RobiMu - 2 Oktober 2008

Sama aja bil, kan secan, cosecan dan cotan itu merupakan kebalikan dari cos, sin dan tan. Jadi dalam menggambarkannya tetap sama tinggal memahami pngertian “kebalikan”nya aja.

5. shandy prawita - 3 Oktober 2008

thank’s udah mau bantuin menyelesaikan masalah aq. Salam kenal, aq biasanya dipanggil WAKTU INDONESIA BAGIAN TENGAH alias WITA. but ada juga yang panggil aq Shandy, katanya lebih beken gitu. Aq masih kuliah kok baru tahun ni masuknya. kalau boleh tahu, aq seharusnya panggil qu pa?

6. RobiMu - 3 Oktober 2008

Panggil aja kak robi, kuliah dimana shandy??jurusan apa? thanks attensinya di blog ini, kalo ada sharing about math silakan disscus aja disini..okey..

7. shandy prawita - 5 Oktober 2008

okey deh. terus teringatnya, pembahasanya yang cosec,sec dan cotnya mana kak?
kalau aq sih fine2 ja untuk minta diajarin, cuma nanti takutnya pembahasannya lain dan keluar dari pembahasan trigonometri. soalnya aq akan banyak bahas matematika lebih mendalam lagi karena aq kul jurusan Pmat (Pendidikan Matematika) dUBH ( Universitas Bung Hatta) Padang.
pa nanti kakak bisa bantu aq?

8. RobiMu - 5 Oktober 2008

hm..kalo bwt cosec, sec, dan cotannya itu tinggal dibalik-balik aja, kalo kemarin kak kasih pembahasan yg contohnya cos, berarti bwt secan itu kebalikan cos tadi, coba shandy sendiri yg buat, kalo gag dicoba gag pernah bisa. Btw, kalo memang ada yg perlu didiskusikan about math silakan aja, insyaallah ntar kak bantu, oia skalian promosiin ke teman2 shandy yg se-jurusannya blog kakak ini ya hehehe

9. Yulia - 21 Oktober 2008

Assalamualaikum
thanks yah untuk materinya, oh iyah terkadang kalo ngajar trigonometri blom mulai muridnya udah BeTe duluan. oh iyah cara cepatnya untuk ngehafal sudut2 istimewah, mungkin dengan pake gambar kali yah, gimana caranya. thanks b4 untuk bantuannya
Wasalam

10. Yulia - 21 Oktober 2008

Thanks yah, ternyata udah ada penjelasannya.

11. RobiMu - 21 Oktober 2008

hm..begini mb yulia, atas pertanyaannya ntar sy cb bwt pembahsan khusus untuk mengahafalkan sudut-sudut istimewa, mungkin mb yulia pernah dengar konsep jari-jari tangan untuk mengahafalkan sudut-sudut istimewa di kuadran satu, insyaallah ntar saya buat pembahasannya, tunggu aja.

12. heni - 9 November 2008

uniiiiiiiiiiiik banget. tapi, gmn kalo untuk menjelaskan materi ttg rumus jmlah + selisih 2 sudut ??? sudut ganda ??? supaya belajarnya asyik n mudah dipahami ???????????

13. RobiMu - 9 November 2008

okedeh, untuk mengahafalkan jumlah atau selisih sudut akan saya bahas secepatnya pada blog ini, tunggu aja …🙂 salam matematika !!!

14. Into - 11 November 2008

q mw tanya, gmn caranya dpatin cos 0=1, sin 0 = 0, tan 0=0, dan seterusnya……
tlg gambrkan dan cara mendapatkannya….
thanks b4…….

15. RobiMu - 11 November 2008

hm..buat sdr into ntr saya posting ke emailnya jawaban dr pertanyaan anda…

16. me - 14 November 2008

ka robi…aq minta bantuan nieh…,nyumbang judul skripsi dwonk buat aq,…yang berhubungan dengan matematika keguruan githu….thanks ya….

17. RobiMu - 15 November 2008

boleh aja…hm..tapi bagusnya apa ya… bagaimana kalau membuat penelitian mengenai sejauh mana pemanfaatan multimedia dalam pengajaran matematika, untuk sementara itu dulu ntr kalo ada ide lain kak kasih tau.

18. yanda - 16 Februari 2009

oi .. sin 90 ntuh masuknya kuadran berapah?..
kalo .. cos 180 masuk kuadran berapah ? ..
thanks🙂

kalo nilai sudut kecil dari 90 itu dikelompokan di kuadran I, kalo antara 90 dan 180 itu dikelompokan di kuadran II, kalo antara 180 dan 270 itu dikelompokan pada kuadran III, kalo antara 270 dan 360 itu dikelompokan pada kuadran IV

19. sirin suhadam - 23 Maret 2009

wah saya msh bingung, sebenarnya dlm dunia nyata sin cos tan itu digunakan untuk mencari apa c ? bisa tolong dijelaskan melalui benda yg lebih nyata, misal jam,bangunan,dll. tlg dijelaskan dgn contoh dan gambarnya. tlg jawabny dikrim ke email saya adam_nuwisiha@yahoo.com. terima kasih

Buat saudar adam, maaf saya belum bisa memberikan jawaban ke email anda..karena jawaban saya cukup singkat…kalo nanti saya bisa berikan contoh komplit saya kirim ke email anda.

Kalo dalam dunia nyata penggunaan sin dan cos atau trigono metri mgkn gak terlihat secara langsung, penggunaaan aplikasi trigono banyak ditemukan dalam ilmu2 teknik namun hanya saja disana penggunaan trigonometri telah dimasukan pada aplikasi2 program2 komputer..misalnya untuk membangun sebuah gedung yg mempunyai tiang yg miring, tentunya sang arsitek harus mempunyai ukuran yang pas untuk kemiringannya disesuaikan dengan kekuatan beton dan segala macam, nah disinilah berperan penggunaan trigonometri itu, hanya saja penggunaannya banyak dalam aplikasi2 program komputer yg digunakan oleh si arsitek.

mungkin demikian dulu. nanti kalo ada contoh kongkrit perhitungan saya kirimkan pd anda.

20. zul - 24 Maret 2009

Pak Robi saya coba berikan satu contoh penggunaan trigonometri untuk Sirin Suhadam ya…
Misalkan kita ingin mengukur tinggi Tugu Monas. Cara konvensional dapat dilakukan dengan mengukur langsung objek tapi cara ini sering kali agak merepotkan bila tidak didukung alat yang diperlukan. Nah disini si trigono ini dapat membantu. Caranya mundurlah menjauhi tugu sampai pada satu titik a yang bila dari situ melihat ke arah puncak emas monas membentuk sudut 45 derajat maka tinggi Tugu Monas = dengan jarak titik tadi ke kaki tugu. Kok bisa? Karena Tan 45 = b/a = 1 (sudut istimewa) dimana b: sisi tegal (tinggi Tugu Monas). Berarti b=a. Tinggal diukur jarak titik a ke kaki tugu. Semoga membantu… Salam

maksih zul atas bantuannya…,semoga para pembaca bisa memamahi contoh sederhana penggunaaan trigonometri di dunia nyata

21. lamranto - 3 Juni 2010

wah. syukron untuk materinya. jadi semangat mau ngajar….

22. lamranto - 3 Juni 2010

oh ya pak. aku kesulitan memahami sudut yang udah pake tanda negatif misalnya sudut -1/2. or mencari nilai sudut yang di luar kuadran 1. bapak punya tips untuk membantu saya? tolong kirim ke email saya Lamrantoanto@yahoo.co.id ar sms di 085241775911. syukro ya pak


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: