jump to navigation

Lulus SMA, Mau Ngapain??? 26 Mei 2008

Posted by RobiMu in Sekolahku.
trackback

UN 2008 telah usai, tinggal menunggu hasilnya. Menurut Dinas Pendidikan, sekitar awal Juni 2008 esok hasil UN SMP dan SMA akan diumumkan. Dag-Dig-Dug tentunya menunggu saat-saat itu tiba bagi semua siswa SMP dan SMA. Walaupun sebenarnya kemungkinan lulus cukup besar disebabkan UN 2008 tahun ini yang sarat dengan kecurangan dan kebocoran soal. Jadi, sebenarnya tak ada yang perlu terlalu dikhawatirkan oleh siswa-siswa tersebut.

Khusus buat siswa SMA, tahun ini adalah tahun terakhir mereka memakai seragam dan “masa paling indah adalah masa-masa disekolah” akan segera ditinggalkan. Nah, suatu pertanyaan yang muncul bwt adek-adek pelajar SMA, Lulus SMA, mau ngapain ????

Banyak jawaban untuk pertanyaan ini diantaranya : kuliah, kerja, masuk taruna, kawin (stop!! nikah dulu), nganggur. Jadi, bagaimana seharusnya menyikapi apa yang akan dilakukan setiap siswa ketika harus meninggalkan bangku sekolah yang artinya sekarang hidup bagi kalian akan terasa lebih nyata, mari kita analisa satu persatu.

1. Kuliah

Hm…, kalau ditanya hampir semua yang sudah selesai sekolah pengen melanjutkan kuliah, ya iya lah secara menurut pendapat orang kebanyakan dengan kuliah seseorang bisa mendapat ilmu yang lebih baik sesuai dengan minatnya , kalo bisa sarjana katanya bisa dapat pekerjaan yang lebih baik dengan gaji yang gede dan tentunya strata sosialnya pun akan meningkat (hm…sebenarnya presepsi yang kurang tepat kalo dikaitkan dengan kedudukan sosial, namun inilah yang terjadi kebanyakan dimasyarakat), si A yang kuliah tentu akan lebih di”anggap” lebih pintar dalam berargumen dibanding si B yang tidak kuliah.

So, bagaimana baiknya untuk yang bercita-cita pengen kuliah, berikut kita ulas apa yang mesti kita ketahui utk bisa kuliah….

Pertama, kamu maunya jadi apa? dokter, akuntan, pengacara, dsb. Smua itu harus ditentukan dulu, karena jangan kuliah tanpa tujuan yang jelas karena itu hanya akan membuang waktu, menambah beban orang tua, dan menjadi beban bagi mu nantinya jikalau sudah tamat. Kenapa? karena selama kuliah kamu tidak optimal disebabkan arah atau cita-cita yang tidak jelas sehingga bingung mencari kerja karena ilmu yang didapat dikuliah tidak terpakai karena kamu gak menguasainya dengan optimal.

Kedua, kamu mampu gak masuk jurusan tersbut? ini dilihat dari kemampuan otak masing2. Jangan sampai kemampuan di jurusan IPS eh malah pilih masuk jurusan IPA, yang jelas kamu bakal2 ngos2an maksain diri belajar yang gak sanggup dikuasai. Jadi bagaimana? makanya pilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan saja. Bagaimana dengan cita2 tadi? ya disesuaikan, mksdnya jika kamu ingin jadi Akuntan, nah kamu gak mesti maksain diri masuk Akuntansi UI, cukup disesuaikan dgn kemampuan otakmu seperti pilih saja jurusan Akuntansi di Univ. yang tidak begitu favorit.

Ketiga, sesuaikan kemampuan otak dan kemampuan finansial orangtuamu untuk membiayai perkuliahan. Ini penting, kenapa? karena jangan sampai kamu “kandas” ditengah jalan ketika kuliah, terlalu naif jika kamu punya otak yang encer. Ini bisa disiasati dengan mencari beasiswa sebelum masuk kuliah, banyak referensinya kamu bisa cari di internet lembaga-lembaga yang memberikan beasiswa untuk kuliah. Jika tidak mendapatkan beasiswa berarti kamu harus mikir gimana bisa tetap kuliah dengan anggaran yang pas-pas an, biasanya banyak yang mencari pekerjaan sampingan selama kuliah, bisa menjadi penjaga mesjid, warnet, pengajar privat, dll yang penting ada inisiatif untuk tetap bisa kuliah yang penting masih halal.

Kuliah pun terbagi dalam jenjang sarjana dan diploma, kalau sarjana butuh waktu rata-rata 4 tahun dan diploma III rata-rata 3 tahun. Tamatan diploma, cendrung dipersiapkan untuk bisa langsung bekerja karena kebanyakan mata kuliahnya adalah praktek dibanding teori, berbeda sebaliknya dengan sarjana.

Nah, itulah beberapa hal penting yang mesti dipertimbangkan sebelum kuliah. Semoga buat yang pengen kuliah bisa mikir ke arah sini.

2. Kerja

Nah, ini buat kamu yang gak mau lagi belajar, biasanya pilih nyari kerja aja abis tamat SMA. Pertanyaaanya, apa yang bisa kamu kerjakan? Punya skill apa?. Oke kalau kamu punya “perusahaan” orang tua yang bisa dibantu, kalo gak bearti kamu mesti cari kerja lain. Kalo kamu tamatan SMK (kejuruan) memang mesti diarahkan untuk bisa bekerja setelah tamat. Ada cara menyiasati buat yang pengen kerja, caranya ambil keahlian 1 tahun dulu dilembaga2 keterampilan seperti LP3M, dan lainya. Biasanya untuk yang tamatan SMA kamu bisa bekerja sebagai operator warnet, custumer service, sales, ataw yang lainya sesuai dengan kesempatan yang ada. Dan sebuah pilihan yang mestinya dihindari adalah menjadi TKI keluar negri, karena ini sebuah solusi yang gak enak sebenarnya, namun masih saja dijalani oleh kebanyakan orang. kalau mesti mau bekerja ngapain dinegara orang lain, mending di Indonesia ini saja, karena masih banyak lapangan pekerjaan tersedia asal kamu mau berusaha.

3. Masuk Taruna

Ini jalur lain yang bisa kamu tempuh, selain kuliah dan kerja, kamu juga bisa masuk taruna (yang pasti di tes dulu) antara lain STPDN atau IPDN, Polisi, TNI, STAN (Sekolah Akuntan) , STIS (Yang pengen kerja di Statistik), dan banyak lagi sekolah milik pemerintah seperti ini. Disini kamu selain belajar juga dikasih gaji, yang ujung2nya kamu nanti jadi PNS abdi bwt negara ini. Sayangnya, untuk masuk sekolah2 seperti ini sarat juga dengan KKN nah jadinya mesti pikir2 juga.

4. Kawin

Hahaha..ini buat yang udah kebelet…(kebelet apaan sihhh??? Mau tauuuu ajaa…) Kalo buat kamu yang udah pacaran dari TK hingga SMA nah baiknya kawin aja (eh nikah dulu maksudnya), apalagi yang udah komitmen sehidup, loe yang mati… Kalo buat cewek sih Oke-Oke saja apalagi mendapatkan jodoh yang sudah “mapan” . Nah kalo buat cowok, mau hidup bagaimana?? walaupun semua ada solusi, namun untuk mesti dipikirkan matang-matang baiknya jangan dulu deh karena kalo diliat kan umurnya masih tergolong kecil.

5. Nganggur

Ini sebuah akhir yang tidak diinginkan, karena jadi beban orang tua dan masyarakat berbangsa dan bernegara. jangan tambah lagi angka pengangguran di kantor Badan Pusat Statistik dikotamu. Selain itu juga bikin kamu lama2 stress karena gak ada aktivitas yang jelas, ujung2nya ntar bertindak kriminal..wah jangan deh kalo dah begini. Baiknya tetap cari kesibukan kecil2an dengan tetap berusaha dan berdoa.

Okey, nah begitulah yang kira-kira bisa kamu liat dan pertimbangkan apa yang kan kamu lakukan setelah tamat sekolah.

Komentar»

1. zeyn - 17 Juni 2008

ho..ho..nyambung tuh buat kakak kelasku. Terutama yang namanya gendon, dah ngebet kawin!

2. bocahiseng - 20 Juni 2008

gw mah kalu dah lulus pengen kuliah

3. DYNK - 20 Juni 2008

PERHATIAN?????!!!!
SAYA TELAH KERACUNAN MATEMATIKA
NYAWA TINGGAL EQUIVALEN DENGAN LIMIT MENDEKATI NOL
KARENA INTEGRAL GAJI SAYA GALATNYA 0.000001
WADU TOLONG GUA EULER, GAUSS

4. gaptech - 9 Agustus 2008

payah! ngapain pikir panjang2 abis skul mo ngapain. enakan mati muda, dah nggak mikirin dunia, tinggal duduk di surga aja enak.

5. Rizkin - 15 Oktober 2008

PLAY GROUP, SD,SLTP,SMA,PERGURUAN TINGGI,KERJA,BERKELUARGA,MATI,ALAM KUBUR,ALAM BARZAH,SURGA

Diatas merupakan alur hidup manusia yang ingin sukses tinggal bagaimana kita bisa menjalani semua alur kehidupan tersebut dengan semaksimal mungkin dari baru lahir hingga meninggalkan dunia ini kita bisa sukses……….. hanya itu yang jadi masalah setiap manusia

6. adam - 23 November 2008

PLAY GROUP, SD,SLTP,SMA,PERGURUAN TINGGI,KERJA,BERKELUARGA,MATI,ALAM KUBUR,ALAM BARZAH,SURGA

Diatas merupakan alur hidup manusia yang ingin sukses tinggal bagaimana kita bisa menjalani semua alur kehidupan tersebut dengan semaksimal mungkin dari baru lahir hingga meninggalkan dunia ini kita bisa sukses……….. hanya itu yang jadi masalah setiap manusia

bener moga gw termasuk alur hidup satu ini…hahahaha

7. aris - 14 Januari 2009

jangan pasrah dengan takdir kecuali mati tu baru takdir, untuk nyari kerja,ilmu atau yang lainya tu butuh uisaha. Terus usaha yanga bagiamana yg hars dilakukin kita. Pertama setelah lulus sekola ya ada planing mw dbwa kemana, cri kerja atau kuliah , ada planning bru nglakuin usaha dengan semangat dan dikiti doa sapa taw niat kite kseampaian gtu loh….

8. Artati Haris - 27 Januari 2009

Anda punya data statistik gak mengenai tamatan SMA ato sederajat yang ngga tau kemana setelah tamat????bisa dishare ngga?thanks

9. RobiMu - 28 Januari 2009

Kalo data secara statistik saya tidak punya mb..(mb atau mas ?)
tapi buat rujukan mb bisa datang ke BPS dikota mb..disana ada data lengkap dr dinas tenaga kerja, semoga bisa membantu.

10. Ai' - 29 April 2009

Bikinin karangan dumz!!(kok g nyambung c??),.

11. Dza_dza - 18 Mei 2009

bener 2, mang kita 2h hrusnya dah mikir kesitu. tapi lulus aja belum!!!! tapi da yamh bisa bantu lug yg punya sampel makalah tentang minat setelah lulus landasan teorinya apa ya????????????

12. budi - 6 Oktober 2009

hahaha…………kawin ma anag orang kaya ajah bro biar kecipratan kaya . hahaha

13. desi - 8 Oktober 2009

aqu mau bekerja nih setelah tamat sma ni! tp q ga tau mau ke mn? n pekerjaan ap? tp ketimbang pengangguran aq mau pekerjaan ap deh yg pntng halal dan bisa menghidupi diri sendiri dan klu bisa bantu sedikit orang tua sekilas balas budiku kepada mereka atas kebaikannya selama saya sekolah.dan aqu harap kepada teman2 bantu aqu donk!tlng carikan pekerjaan untukku

14. yuMuZA - 26 Oktober 2009

emang cH mw kuliah . . . .
pi binguNG mw mSukn Juruzan aph ne . . .

15. arifrahmat - 30 Januari 2010

paling baik nganggur….
asal ada passive income.

jadi cita-cita terbaik adalah menganggur, tapi pengangguran yang tidak menjadi beban bagi siapapun

16. BuTa_HeJ0 - 23 September 2010

Nganggur? Udh ditelen slm sthn. Wlaupun ada perusahaan klrg ttp ja ga sesuai minat. Sm ja boong. Srba sulit,mlh kliatanny nmpl ke ortu ky ank bayi malu…):.Mw cr krja ga da skill.Tdny pgn msk Uni,ga tw knp ga msk2.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: