jump to navigation

Konsultasi Matematika

Salam Matematika!!!

Salam Matematika!!!

Salam Matematika!!!

Hai adik-adik semua dimana pun berada (lho kok kayak penyiar radio!!!), ketemu lagi dengan Mas Robimu, hm…yang dulu sempat belajar dengan Mas Robi pasti dah kenal, Kalo yang belom ya kenalan dulu…hehehe

Diblog ini, mas robi memberi kesempatan buat adik-adik pelajar sekolah mulai dari SD, SMP, SMA untuk berdiskusi seputar pelajara Matematika. So, kalo ada yang kesulitan soal pelajaran Matematika bisa share disini, caranya cukup dengan menambahkan komen di blog ini. Dan blog ini insyaallah akan dipantau setiap hari sehingga nantinya pertanyaan-pertanyaan seputar Matematika akan mas robi bantu untuk menyelesaikannya. Boleh itu PR, Tugas Sekolah atau seputar sejarah Matematika.

Bagi yang ingin berinteraksi lebih lanjut bisa juga dengan mengirimkan email ke muhar5yah@yahoo.com. Kalauingin mengirimkankan soal-soal seputar Matematika dapat juga mengirimkan file Attachmen ke email tersebut.

Komentar»

1. nadh - 12 Oktober 2008

astagfirullah,,
tetep bw2 MATEMATIKA,,
les gratis nih mas,,???

beramal kan g p p……hehehe

2. nurulwidya - 13 Oktober 2008

mas..
kenapa matematika terllalu meribetkan dirinya?

3. RobiMu - 14 Oktober 2008

heheh matematika gak meribetkan dirinya yg ada malah “kimia ini membunuhku” hehehe

4. nash - 25 Oktober 2008

mau tanya, bilangan apa saja yang hasil kalinya adalah selisih kedua bilangan tersebut

5. RobiMu - 25 Oktober 2008

hm..begini analisanya….
misalkan bilangan tersebut : x dan y, dimana y > x
dari persoalan yg anda bilangan berarti hubungan yg didapat adalah :
x.y = y – x, selesaikan persamaan tersebut sehingga menjadi
x.y + x = y
x(y+1) = y
x = y / (y+1), nah sekarang ambil sebarang bilangan untuk y (selain nol)
misal y = 1, bearti x = 1/ (1+1) = 1/2 —-> jadi kalo y=1, x = 1/2
misal y = 2, berarti x= 2/(2=1) = 2/3 —-> jadi kalo y=2, x=2/3
begitu seterusnya…
jadi banyak bilangan yg bisa kita peroleh dengan sifat “HASIL KALI KEDUA BILANGAN TERSEBUT ADALAH SELISIH BILANGAN TERSEBUT”

6. zainab - 2 November 2008

gambarlah titik-titik a(-2, -4), b(5, -1), c(6,4), dan d(-1,1)
a.tentukan gradien garis ab dan gradien garis cd!bagaimana posisi ab dan cd

7. RobiMu - 5 November 2008

Gradien garis AB = (-4-(-1))/(-2-5) = -3/-7 = 3/7
Gradien garis CD = (4-(-1))/(6-1) = 5/5 =1
untuk posisinya cukup digambarkan saja pada bidang koordinat cartesius titik-titik tersebut

8. Amy - 5 November 2008

Assalamu’alaikum
Salam kenal…
Untuk sekarang ini sya belum punya pertanyaan apa-apa..tapi mungkin besok-besok saya tanya. Boleh ya mas..
Wassalam

9. Vhie - 9 November 2008

Lam kenal. aq adalah orang yang asyik banget dg matematika, walaw sering buat aq errrrrrrror dikit kala gak mengerti materinya. tapi, aq justru makin penasaran about matematika. oh ya! aq punya soal nieh. tolong minta solusinya yang bisa di mengerti n tdk mmBT kn yaa! berapa jumlah keliling empat lingkaran kecil yang berada dalam lingkaran besar, jika keliling lingkaran besar adalah 44 cm??????
thanks B4

10. RobiMu - 9 November 2008

owke deh..berikut jawabanya : Kalo digambarkan, keeempat lingkaran kecil (LK) tersebut akan saling “bersinggungan dalam” lingkaran besar (LB).
Jika Keliling LB = 44cm, dengan menggunakan rumus Keliling = 2.pi.r , dimana pi = 22/7,maka :
44 = 2. 22/7 . r
44 = (44/7) . r
r = (7/44) . 44 = 7 cm ….jari-jari LB
sehingga jari-jari LK = 7/2 cm ataw 3.5 cm

Jadi, keliling satu LK = 2. 22/7. 3.5 = 22 cm
Jumlah keliling 4 LK = 4.22 = 88 cm

demikian jawabannya..

11. nash - 10 November 2008

Ass. Uda Roby, sy mau tanya lagi ne: Bagaimana pembuktian secara deduktif & induktif bahwa jumlah sudut segitiga adalah 180 derajat.
I’m waiting for your help.

12. RobiMu - 10 November 2008

buat nash : silakan dibuka emailnya sudah saya kirim jawabannya kesana…

13. Mia - 11 November 2008

Pa,saya mau bertanya pertanyaan yg sama yg diajukan nash..tentang bagaimana membuktikan bahwa jumlah setiap sudut segitiga adalah 180 drajat dgn cara induktif dan deduktif.terimakasih

14. tata - 13 November 2008

Bagaimana pembuktian secara deduktif & induktif bahwa jumlah sudut segitiga adalah 180 derajat.

15. slamethariyadi - 15 November 2008

metode deduktif:buatlah segitiga sembarang pada selembar kertas, kemudian anda potong ketiga sudutnya, lalu susunlah potongan ketiga sudutnya, maka susunan potongan sudut akan membentuk garis lurus yang identik dengan sudut pelurus 180 derajad
metode induktif: buatlah gambar-gambar segitiga sembarang, usahakan lebih dari tiga gambar saling berbeda, kemudian dengan busur derajad ukurlah masing-masing sdtnya, lalu jumlahkan masing-masing hasil pengukuran sdt segitiga, maka jumlahnya pasti 180derajad

16. RobiMu - 15 November 2008

makasih mas slamet atas masukkannya semoga para pembaca blog saya untuk pertanyaan mengenai pembuktian sudut segitiga bisa dapat terbantu,…..ditunggu atensi yang lainnya.

17. citraputra - 19 November 2008

mas aku bole nanya soal matematika pns gak mas

18. citraputra - 20 November 2008

mas mau nanya beberapa soal deretan matematika

1 ) 12,10,14,8,18,6,….. angka selanjutnya mas
a) 26 b ) 18 c) 25 d) 12 e) 28

2) -3,9,6,-18,-21,…..angkas selanjutnya
a) -63 b) -24 c) 18 d) 24 e) 63

3) Rokok A yang harganya Rp. 2000 perbungkus di jual dengan laba rp 400, perbungkus, sedangkan rokok b yang harganya rp 1000 , perbungkusnya dijial dengan laba rp 300 perbungkusnya. jika seorang pedagang rokok mempunyai modal rp 800.00 dan kiosnya mampu menampung 500 bungkus rokok, maka berapakah keuntungan sebesar – besarnya yang diperolehnya jika ia membeli

a) 250 bungkus rokok a dan 250 bungkus rokok b
b) 400 bungkus rokok a dan 100 bungkus rokok b
c) 150 bungkus rokok a dan 350 bungkuk rokok b
d) 300 bungkus rokok a dan 200 bungkus rokok b
e) 100 bungkus rokok a dan 400 bungkus rokok b

19. RobiMu - 21 November 2008

jawaban pertanyaan citraputra :

No. 3 persamaan yang dibentuk dari persoalan diatas adalah
misal banyak rokok A = x, banyak rokok B = y
jadi,

2000x + 1000y <= 800.000 (<=, bacanya kecil sama)
x + y = 0 (>=, bacanya besar sama)

dari persoalan tersebut digambarkan daerah penyelesaianya, (maaf saya gak bisa tampilkan gambarnya disini)

nanti diperoleh titk penyelesaian
(400,0)
(300,200)
(0,500)
(0,0)

Keempat titik ini dimasukkan ke fungsi tujuan laba yaitu : 400x + 300 y,
sehingga diperoleh, titik (300,200) memberikan laba terbesar artinya untuk mendapatkan laba yang sebesar-besarnya apabila dibeli sebanyak 300 bungkus rokok A dan 200 bungkus rokok B.

No.1 barisan angka,
12, 10, 14,8,18,6,……

perhatikan angka 10,….,8,….,6,….. ( berkurang 2 secara teratur)
-2 -2
perhatikan angka 12,…,14,….,18,….. (bertambah 2, bertambah 4)
+2 +4 (+8)
jadi selanjutnya setelah angka 18 (bertambah 8 )

maka barisannya menjadi,

12, 10,14,8,6,26………………………….(jawaban : A)

No. 2 (belum saya temukan)

20. citraputra - 21 November 2008

mas menjawab barisan angka koq itu bisa + 8 bukan +6 ( 2,4,6)

klo trik deret2 gitu gmn sech mas….

emang akan terbentuk pola,tapi kadang2 terbentur mas,yang kita sangka pola seperti ini eh yang di minta lain

21. heni - 28 November 2008

kak, aq mahasisiwa pendidikan matematika smster 7,mo nyusun skripsi. aq minta judul yang bagus donk!! lzz. thanks B4

22. heni - 28 November 2008

oh ya!!! kak, perasaan tgl 9 nov kmaren aq kirim pertanyaan about trigonometri decH!!! tapi kq gak ada yach…??? apalagi jawaban dari kak robi!!

23. RobiMu - 28 November 2008

hm..gak ada tuh heni masuk pertanyaanmu…kalo ada dan kak bisa insyaallah kak bantu kok. btw, kalo buat matematika pendidikan apa ya bagusnya?? hm…kemarin niy kak punya ide, gimana kalo kamu buat skripsi tentang pemanfaatan multimedia dalam pengajaran matematika. misalnya pengajaran matematika ,elalui program berbasis flash, terutama untuk pelajaran seperti dimensi 3, sungguh sangat membantu siswa menyerap materi pelajaran jika disampaikan menggunakan bantuan visual. atau ntr kalo ada lagi ide lain kak kabari deh, untuk sementara blm ada ide yg lain niy….

24. heni - 29 November 2008

duh!!!! kak, gimana ya….. tapi kayknya untuk judul itu, aq nya yg lom siap euuumm!!! he….
btw, aq minta penjelasan dr kak n referensinya about Pemb. Kooperatif tipe NHT. truz referensi about Moel pemb. Scramble utk pelajaran matematika…………. oh ya! tambah dech!! referensi pemb. Make a match, pemb. student pacilitator and explaining. itu dlu dech!! LZZZ gpl y…. penting…. klo bisa judul buku ma pengarangnya,thanks banyaaaak……..

25. ovi - 29 November 2008

kak, kalo tau minnta referensi tentang model pembelajaran snowball throwing dwonk…soalnya yang di internet rata2 sama, mungkin punya situs lain…makasih

26. vina - 20 Desember 2008

mas, saya mau nulis skripsi tentang belajar matematikia dengan metode scramble dan time token. tapi reverensinya sedikit banget. tolongin dong mas,, kalo mas punya reverensi terkait dengan skripsi saya, bagi ya mas……. makasih banyak

27. vina - 20 Desember 2008

oya mas, SEGERA ya mas….. Please. ….
Deadline nie……. makasih banyak mas….

28. fia - 4 Januari 2009

tolong donk,,,

solusi umum dari PD Linier ne gimana?

y’ + 2x/x+1 y = (x + 1)pangkat3

29. nurulwidya - 26 Januari 2009

wis..da roby..
les OL..
hmm..^_^

30. Ardianrisqi - 29 Januari 2009

Mo tny..

a) Hasil dari (35% . 2/7 – 7/3 : 14/3) adalah..

b) hasil dari 3x/2x-1 : 2/x+1 adalah…

31. pia - 30 Januari 2009

robi…mo konsul..what do you think about this..

http://smu4kendari.wordpress.com/2008/05/21/mari-berhitungyuk/

(numpang promo sekalian, :) )
gak gambarnya, pi kalo kamu bisa buatin, makasih..

32. smu4kendari - 30 Januari 2009

makasih dah mampir…:)
pi, maksud aku, apa itungan2ku dah bener? soale itu blog sekolah, kalo salah wah bisa gawat!!!
plis…dijawab!..(ini pia)

33. RobiMu - 31 Januari 2009

udah dijawab tuh mb di blog nya…

34. siti - 17 Februari 2009

kasih referensi tentang buku2 scramble ya…
please

maaf siti…kebetulan saya gak punya buku2nya…mgkn searching aja di google…

35. nash - 18 Februari 2009

Ass. Mas Robi, tolong bantuannya ya
Tentukan jumlah n suku pertama dari:
1. 2+4+8+16+…
2. 1+1/2+1/4+1/8+…
kalau bisa penjabarannya jangan pakai cara yang singkat (tidak pakai rumus). tq b4

maaf nash..kemarin saya lagi di jakarta jadi gak sempat ngebahas jawaban mu…baru sempat sekarang
ini jawabannya…

no. 1 (soal deret geometri tak hingga)
jumlahnya (S~) = a/1-r = 2/1-2 = 2

no. 2 (soal deret geometri tak hingga)
jumlahnya (S~) = a/1-r = 1/1-(1/2) = 2

36. nash - 19 Februari 2009

Where are u mas robi?
saya tunggu bantuannya ya.

37. zul - 20 Februari 2009

Saya coba jawab ya,

1. Sn = a(r^n-1)/(r-1) = 2(2^n-1) = tak hingga untuk n tak hingga
dimana r = 4/2 = 8/4 atau 16/8 = 2

2. Sn = a/(1-r) = 1/(1-1/2) = 2 untuk n tak hingga
dimana r = 1/4:1/2 = 1/2

maaf bila keleru
Salam,

makasih bantuannya zul….ada blog gak zul ?? salam kenal aja ya..

38. kimmie - 22 Februari 2009

tolong bantu ya mas robi..
pnyederhanaan drin (2a+3)pngkat2 – (a+4)pngkt2 adlah..

jawabannya :

4a^2 + 12a+9 – (a^2+8a+16) =
3a^2+4a-7

39. zul - 25 Februari 2009

jawabannya :

4a^2 + 12a+9 – (a^2+8a+16) =
3a^2+4a-7

Tambahan sedikit, agar makin sederhana dapat diubah jadi:

(3a+7)(a-1) dengan akar2: -2 1/3 dan 1.

Salam kenal lagi mas Robi, saya gak punya blog

40. co_ca - 27 Februari 2009

ass… mas qu mw tx nich!! gmna cra cepet/rumus nyari jumlah faktor postf pada bilangn blat. kalo’ dsruh nyari jmlah fktr pstifnya 6 tnggal dcari 1 demi 1 trs diitung dech jumlahx…
tpi,klo’ yang dicari 2500 kan bisa gag slese2.
jdi klo’ da rumusnya kan lebih c4…

41. fathorrosi - 4 Maret 2009

gimana cara belajar kalkulus 2……………?soalnya Rosi tidak tau sekali..,? N gimana caranya.

42. heny - 17 Maret 2009

salam…. kak, q mo tanya?? knp (-) kali (+) = (-) n sebaliknya, truZz (-) kali (-) = (+) ????? bgm membuktikannya klo dg media/alat peraga n alat peraga pa yang bs dgunakan ?? thanks ya kak!!

43. eko - 27 Maret 2009

saya mahasiswa jur pend matematika dan mau mengambil judul skripsi tentang metode scramble

44. eko - 27 Maret 2009

tolong kasih referensi tentang metode scramble

45. Bia - 3 April 2009

ass. kak,aku mau tanya. kayak nash,”bgaimana cara membuktikan bahwa segitiga itu 180 derajat?”. kan kk ngirim jawabnny ke emailnya nash,blh tlg dkrim jg gk k email sy?makasiih..

46. haviz - 13 April 2009

x dx / akar 2x kuadrat + 4 =…. hasil na brapa yaaa.please

Viz, soalmu kurang jelas, gak bisa saya pahami maksudnya pakah itu turunan atau apa??

47. Lady Clara - 14 April 2009

Hi, I considered your blog as one among the best 10 blogs in my friend linked blog. U’ve just got an award from me.. check it out in my blog at http://clararch02.blogspot.com/2009/04/award-from-my-linked-friends.html
keep blogging.. Clararch02.blogspot.com

48. ardian risqi - 14 April 2009

Mas tolong jawabkan segera soal ini ya..

1. Jarwo punya sepeda motor seharga Rp 12.600.000. Dari penjualan dia dapat untung 5%. Harga pembelian motor mula-mula adalah..

2. Imam menabung di bank sebesar Rp 15.000.000. Bank memberi bunga tunggal 8% per tahun. Agar jumlah tabunganya menjadi Rp 18.000.000 maka imam harus menabung sebesar..

3. Himpunan penyelesaian dari 2(3x – 1) = 3 + 7x adalah…

4. Jika a=2,b= -1, c=3, maka nilai dari 3a+ 2(ab – 4bc) adalah…

5. Hasil dari (45% . 2/9 – 5/3 : 10/3 ) adalah… Â Â Â Â Â [ tanda . (titik) artinya “kali” dan / artinya “per” ]

6.Untuk mendirikan tenda, bila dikerjakan 4 orang memerlukan wkt 9 menit. Waktu yg diperlukan utk mendirikan 3 buah tenda bila dikerjakan 6 orang adalah..

7. Budi memiliki tanah seluas 480 m2. ditanami jagung 1/6 bagian ,utk kolam ikan 3/4 bagian dan sisanya utk taman. Luas taman adalah… m2Â

8. Hasil dari 4x”/8 : 2x/10 adalah… Â Â Â Â [ tanda “Â Â artinya “kuadrat” dan tanda / artinya “per” ]

9. Persamaan garis yg melalui titik pusat (0,0) dan bergradien -3 adalah…

10. Di bawa ini yg tegak lurus dengan 2x – 12y =15 adalah…
a). x-6y=5
b). x+6y = 9
c). 6x- y =1
d). 6x + y= 3

11. Di sekeliling taman berbentu persegi panjang akanditanami pohon peneduh, dengan jarak antar pohon 2 m, Jika panjang taman tsb 96 m dan lebar 50 m
, bnyk nya pohon yg di butuhkan adalah…

12. Dik: Jajargenjang KLMN. Jika <KLM= (5x + 5) dan <NKL = 2x. Besar <LMN adalah..


buat risqi…pertanyaanmu seabrek bangettss hehehe tp gpp :

1. HargaBeli = HargaJual – Untung
HargaBeli = 12.600.000 – 5%*12.600.000= 12.600.000 – 630.000 = 11.970.000

2. Sama seperti soal no.1
Uang dibank = Modal awal + Bunga
Modal awal = Uang dibank – Bunga = 18.000.000 – 8%*18.000.000 = 18.000.000 – 1.440.000
= 16.560.000

3. 2(3x – 1) = 3 + 7x
6x – 2 = 3 + 7x
6x – 7x = 3 + 2
-x = 5
x = -5 HP = {-5}

4. Jika a=2,b= -1, c=3, maka nilai dari 3a+ 2(ab – 4bc) = 3(2) + 2(2.(-1) – 4(-1).3)
=6 + 2(-2 +12) = 6+ 2(10) = 6 + 20 = 26

5. 45% . 2/9 – 5/3 : 10/3 = 45/100 .2/9 – 5/3:10/3
= 9/20 . 2/9 – 5/3 . 3/10
= 1/10 – 1/2 = -8/20 = -2/5

6.Untuk mendirikan tenda, bila dikerjakan 4 orang memerlukan wkt 9 menit. Waktu yg diperlukan utk mendirikan 3 buah tenda bila dikerjakan 6 orang adalah..
ini tentang perbandingan terbalik, semakin byk orang maka wkt akan semakin cpt
orang waktu
4 9
6 X
jawab : 4/6 = 9/X
4.9 = 6.X
36 = 6. X
X = 6 menit
(untuk soal ini coba kamu cek lagi ada kata2 yg ketinggalan gak kamu ketik, coz saya agak aneh baca soal kamu rasanya)

7. Budi memiliki tanah seluas 480 m2. ditanami jagung 1/6 bagian ,utk kolam ikan 3/4 bagian dan sisanya utk taman. Luas taman adalah… m2Â
jagung = 1/6 * 480 = 80 m2
kolam ikan = 3/4 * 480 = 360 m2
taman(sisa) = 480 – 80 – 360 = 40 m2

8. 4x”/8 : 2x/10 = 4x” / 8 * 10 / 2x
= 5x / 2

9. y = -3x

10. Di bawa ini yg tegak lurus dengan 2x – 12y =15 adalah…
cari aja gradien dari a sampai d kalo dikali dengan gradien garis pada soal = -1
2x – 12y =15 —–> gradienya(m) = -2/-12 = 1/6

a). x-6y=5 —-> gradienya = -1/-6 = 1/6 (sama dengan soal)
b). x+6y = 9 —> gradiennya = -1/6 beda tapi kalo dikali dengan gradien soal tidak sama dg -1
c). 6x- y =1 —> gradiennya = -6/-1 = 6 beda tapi kalo dikali dengan gradien soal tidak sama dg -1
d). 6x + y= 3 —> gradiennya = -6/1 = -6, coba kali dengan gradien soal -6 * 1/6 = -1 (benar)

jawaban yang (d)

11. Di sekeliling taman berbentu persegi panjang akanditanami pohon peneduh, dengan jarak antar pohon 2 m, Jika panjang taman tsb 96 m dan lebar 50 m
, bnyk nya pohon yg di butuhkan adalah…

Keliling taman = 2 * (96 + 50) = 292 m

banyak pohon = 292 : 2 = 146 pohon

12. Dik: Jajargenjang KLMN. Jika <KLM= (5x + 5) dan <NKL = 2x. Besar <LMN adalah..
jawab : ini tentang sudut kan

nah sudut NKL dan KLM itu kan salin berpelurus artinya
sudut NKL + sudut KLM = 180 derajat
(2X) + (5X + 5) = 180
7X + 5 = 180
7X = 175
X = 175 / 7 = 25 derajat

nah sudut LMN dan sudut NKL itu kan saling berhadapan, artinya
sudut LMN = sudut NKL = 2 X
sudut LMN = 2 (25) = 50 derajat

49. kuni - 14 April 2009
50. hernaprada - 14 April 2009

Mas Email yg saya kirimkan ke anda tolong balas ya.. plizz

udah tuh, udah mas jawab

51. RAHMAWAN - 14 April 2009

DIK: JAJARGENJANG KLMN. JIKA <KLM =(5X + 5) DAN <NKL = 2X .
BESAR <LMN ADALAH..

52. RAHMAWAN - 14 April 2009

Drum berbentuk tabung dgn diameter 28 dm dan tinggi 12 dm berisì minyak hingga penuh. Seluruh minyak tsb akan dimasukan ke kaleng. Setiap kaleng volumeny 4 liter, maka bnyk kaleng yg d perlukan…

jawab :

jika d = 28 dm maka r = 14 dm
Volume tabung = pi*r*r*t = 22/7 * 14 * 14 * 12 = 616 dm3 (kubik) = 616 liter

banyak kaleng = 616 : 4 = 154 kaleng

53. RAHMAWAN - 14 April 2009

Di sekeliling taman persegi panjang akan ditanami pohon peneduh, dgn jrk antar pohon 2 m. Jika pnjng taman tsb 96 m dan lebarnya 50 m, bnyk nya pohon peneduh yg d butuhkan adalah..

54. SANAZ - 14 April 2009

Mas ajarin Mtk dong..
1) HP dari sistem persamaan linier x +2y = -1 dan 2x-y = 7 adl…

2) Bentuk sederhana dari x” -x / x”+4x -5 adl… Tanda ” d baca KUaDRAT

jawab :

1) x + 2y = -1 ….kali 2
2x – y = 7 ……kali 1
____________________
2x + 4y = -2
2x – y = 7
____________________ –
5y = -9
y = -9/5

subtitusi nilai y ke salah satu persamaan : x + 2y = -1
x + 2(-9/5) = -1
x + (-18/5) = -1
x = -1 + 18/5 = -5/5 + 18/5 = 13/5

jadi HP = { 13/5 dan -9/5}

2) bentuk sederhana
x” -x / x”+4x -5 = x(x-1)/ (x-1)(x+5) = x / (x+5)

55. SANAZ - 15 April 2009

Mas bisa bantu mengerjakan soal IPA gak?

kalo ipa mas blm bisa bantu sanaz….maaf ya

56. anisa - 15 April 2009

mas robi bisa g’ jelasin ma aku cara bisa paham ma logaritma. dan satu lagi jelasin donk cara mudah memahami nya????

jawab : hm…soal loagritma ya…?? caranya salah satu dengan menghapalkan sifat2 dasar dari logaritma itu
seperti misal kita ambil aja log berbasis 10 —-> log a (angka kecil diatas log gak ditulis karena basisnya sepuluh)

sifat-sifat yg harus dikuasai :

log a + log b = log (a*b)
log a – log b = log (a/b)
log a^n = n*log a………………( ^ pangkat dan * kali)

itu dulu deh dikuasai trus cobakan ke soal :
misal :

log 2 + log 3 = log (2*3) = log 6
log 10 – log 5 = log (10/5) = log 2
log 4^3 = 3*log 4

untuk sementara segitu dulu ya coz saya agak kesulitan nulis notasi log di blog ini. insyaallah nanti saya bikin satu pembahasan khusus ttg logaritma.

57. phitiq chuy - 16 April 2009

mas mas, ngajar bimbel dmn?? hehehe…

mw donk bntuin tugas kulkiah w ttg intgral.
bs gk……………..??

coba aja kirim soalnya sebisanya nanti saya bantu…..kalkulus ya???

58. Nash - 20 April 2009

Siang Mas Robi, mau tanya nih, bilangan apa saja yang jumlah faktor2nya selain dirinya sendiri adalah bilangan itu sendiri.
contohnya
6, faktornya = (1,2,3,6)
jumlah faktornya selain 6 = 1 + 2 + 3 = 6
28, faktornya = (1,2,4,7,14,28)
jumlah faktor2nya selain 28 = 1+2+4+7+14 = 28
selain 6 dan 28 bilangannya apa lagi???
thanks atas bantuannya;-)

59. Fatimah_zAkuro - 22 April 2009

Assalmu’alaikum ka’ ikut gabung ya.. tpi
mau tanya jg ya??
qlw cra nyelesaiin sinx/1-cosx pake identitas trigonometri,, ada cara yang mudahnya g y?? gmana??
trus kan sin^x + cos^x=1 (“^” pangkat 2)
kalau pangkat2nya ga ada, ngga b.laku laya identitas yang diatas?? pembuktiannya gmana??
makasih sbelumya……..

silakan liat jawabannya diemail km….udah saya kirim kan kesana…
kalo untuk sifat sin^x + cos^x = 1 itu sudah baku jika pangkatnya dihilangkan tidak berlaku lagi kenapa??

secara langsung bisa kita coba, jika sin x + cos x = 1, misalnya kita ambil x = 45 derajat, maka
sin 45 + cos 45 =
1/2 akar(2) + 1/2 akar(2) = 1 akar (2)

jadi jawabannya bukan 1, sehingga sin x + cos x adalah ssuatu sifat yg salah atau tidak berlaku

60. Andika - 22 April 2009

Apakah MTK itu menyenang kan apa sih enak nya MTK itu beri alasannya

61. Fatimah_zAkuro - 1 Mei 2009

makasih banyak ka’………. Ka’ mau tau nich, kalau mtk tentang limit mudah g y??? gmana??

jawab :

Limit itu mudah kok, dan ada beberapa trik menyelsaikan sifat2 limit dalam soal2.
namun maaf saya belum sempat mengulasnya di blog ini.

62. nash - 3 Mei 2009

Mas Robi, bisa ngasi contoh soal masalah terbuka untuk SD?

63. edo - 7 Mei 2009

kak saya baru gabung,saya mo tanya soalnx gini:ABCD adalah persegi panjang dengan ukuran panjang 11 cm, dan lebar 9 cm,tp di dalam persegi panjang itu ada persegi panjang juga yaitu persegi panjangEFGH,yang ditanya adalah keliling dan luas persegi panjang EFGH,tolong cepat jawab kak ya soalnx besok mo dikumpul

edo bukannya kakak gak mau bantu tetapi soal dari kamu ini kurang jelas,
hubungan antara pesrsgi panjang ABCD dan EFGH apa??? apakah ukuran panjang EFGH setengah kali ABCD, atau gimana??? coba cek lagi soal kamu baik2

64. Dwi Anggraeni - 29 Mei 2009

Kak,sya mu minta penjelasan tentang metode scramble dan Group investigation di dalam pengajaran matematika dung. . .

65. dania - 13 Juni 2009

hallo mas,
saya sedang menyelesaikan skripsi.mas boleh minta bantuan g buat memecahkan rumus2 yang ada di skripsi saya.sebenarnya saya juga sudah dapat matakuliah matematika dasar.tapi untuk fungsi riil yang ada di skripsi,memang tidak ada di prodi saya.klo misal referensi jurnal ku tak kirim ke email mas gimana.
makasih banyak atensinya

coba dikirim aja dulu sebisanya insyaallah saya bantu…kirim ke muhar5yah@yahoo.com

66. riky - 19 Juni 2009

integral 7x^5:(3x^3+5)

67. iwan - 16 Juli 2009

mas, saya mau nulis skripsi tentang belajar matematika dengan metode scramble tetapi referensinya sedikit tolong ya mas ya dan tolong secepatnya.please

68. iwan - 16 Juli 2009

mas, saya mau nulis skripsi tentang belajar matematika dengan metode scramble, tapi reverensinya sedikit banget. tolongin dong mas,, kalo mas punya reverensi terkait dengan skripsi saya, bagi ya mas……. makasih banyak

sebelumnya sy mohon maaf mas iwan, untuk bahan mengenai metode scramble memang sudah banyak yg nanya ke saya, coba baca2 aja komen dr para penannya di blog ini. namun, karena background saya bukan dr pendidikan matematika, saya tidak punya bahan referensi mengenai metode tersebut…mgkn utk sekedar bantuan, mas iwan bisa menghubungi teman2 penanya sebelumnya yg ada di blog saya ini, utk sekedar mencari referensi terkait.

69. heru kurnia oktavian - 18 Juli 2009

bang roby ni heru

ada soal bg

sebuah pintu persegi panjang dan stengah lingkaran dengan p=y
dan l= 2x dan r lingkaran = x
luas max pintu???

ru, soal ini bisa diselesaikan apabila hubungan x dan y di ketahui, coba cek soalnya ada yg kurang gak??

nantinya jika hubungan x dan y diketahui, misal y = 4x , maka bentuk persamaan Luas Pintu

Luas Pintu = Luas setengah lingkaran + Luas persegi panjang
L = 1/2. pi . r^2 + Panjang . Lebar
L = 1/2. pi . x^2 + y. x —–> setelah langkah ini ganti y = 4x jika hubungannya benar spt itu

jadi, nanti ditemukan fungsi Luas Pintu dalam x semuanya L(x), nah stelah itu dilakukan turunan terhadap x, sehingga di dapat L'(x), kemudian buat persamaan L'(x) = 0, dengan demikian natinya selesaikan persamaan L'(x) = 0 dan ditemukan nilai x. begitujuga dengan nilai y juga akan didapatkan.

70. ica - 21 Juli 2009

kak saLm kenaL, saya punya kesulitan nylesain soal integarl,, tolong dibantu ya kak,,
1. integral (4x^3 + 2x) dx
2. integral (6x^2 + 6x^3-4) dx
3. integral (1/3x^2 + 2x^3 +4x) dx
terima kasih atas kesempatannya…. >.<

71. ima - 22 Juli 2009

kakakk
gemen cara mempelajari integral kakak
alnya integral kan di uankan???
aku pengen nangisnie rasanya klu ngomongin integral

72. wida - 25 Juli 2009

halo..
kakak bisa minta soal-soal integral sama pembahasannya gak?
atau mungkin rujukan situsnya juga boleh..
please…
ditunggu sekarang…..
please…

73. wida - 25 Juli 2009

kakak……..
please………………

74. Duniamaya5 - 29 Juli 2009

Mas sy sdh mengirim pertanyaan matematikanya lewat email anda, tolong di balas…

75. icha - 31 Juli 2009

integral cosx cos 4x dx

pembahasannya bagaimana k’??

76. icha - 31 Juli 2009

integral sin x pngkat 2 +1 dx…??
integral x pngkat 2 +1 cos x dx…
integral 2x cos 1/2 x dx….??
k’ please zy tunggu skrg……..
please…………………………….

77. oktanisa - 10 Agustus 2009

minta rumus turunan trigonometri sama turunan aljabar doongg..

78. Cynthia - 13 Agustus 2009

(Cynthia : Salam kenal…) Wah… mas Robi lagi sibuk banget tuh… banyak pertanyaan yang belum dijawab… BTW salut banget buat mas Robi yang udah beramal dengan ilmu dan waktunya…. Semoga menjadi ladang amal. Keep Fight !!!

79. Cynthia - 13 Agustus 2009

Salam Kenal…
Wah… mas Robi lagi sibuk banget tuh. bayak pertanyaan yang belum dijawab… :-)
Salut banget buat mas Robi yang sudah beramal dengan ilmu dan waktunya.. Semoga menjadi ladang amal… Keep Fight…!!!

80. oka - 14 Agustus 2009

kak aq jg mau dunk,,, kyk wida tu,,,
boleh ya,,,
hai wida lam nl

81. 546174 - 16 Agustus 2009

Ae,mas,,,LAm kNAl…
dsNI briLLa,,,

MAs,,Gmn seCH cranya NGerjaIn MAtematiKA dNGn SEnang Hati…

Q tUCH bIngUNG bngD,,
msa’SEcH,,,drIdLU gx SUka ma MATematika…

PDhal PNGennnnnnnn bNGd,,
q bsa MatematIKa…
pDAhal Q dagh Mo UJian,,
Malu Dong,,loW cUMa kRna MAteMATika..Nilai q JEbLOk,,,

82. ecka - 17 Agustus 2009

maaf ya ganggu!!! aku mo minta tlong dong ma sapa pun yang ngebaca ne!!! aku di scul di kasih tugas buat 50 cntoh soal plus jawabannya materi mtmtk tent bentuk pangkat, akar dan logaritma!!!! cntoh soal tu syarat wat ak bs ikut ujian!!! aku sm sekali ga bs mtmtk!!! Aak bingung mo minta ke sapha lagi… sapha pun yg ngersa kasihan ma aku tolongin aku ya!!! PLEASE!!! 50 soal ja!!! ma jawabannya yang bener!!! tolong ya!!!!

83. ecka - 17 Agustus 2009

aku minta tlong banget ne!!! jwbannya di krim segera ya!!!

84. rohmah - 30 Agustus 2009

assalamu’alaikum,mas lam kenal,kaya’e yang dibahas kq wt anak ipa yo?????????gantian yang wt anak ips donk ??????

buat anak IPS blm sempat saya tampilkan karena blm cukup waktu utk menulis diblog ini….

85. didi - 30 Agustus 2009

Mas Robi, saya tamatan S1 Matematika, mau buka les matematika, boleh minta saran gak seputar mendirikan tempat les khusu matematika. ,makasih banyak ya.

salam kenal sebelumnya,…

saya sangat senang ada yg tertarik dengan blog sy ini,..panggil aja sy robi,
oia, dulunya sama spt didi sy juga tamat S1 Math, tepatnya di Univ Andalas,Sumbar,

Sebelum dapat pekerjaan yg sekarang, dulunya dari kuliah saya sudah terjun di dunia ajar mengajar, walaupun pada dasarnya saya tidak memiliki ijazah Akta4 karena memang bukan dri PTN pendidikan, Matematika yg saya pelajari adalah Matematika murni dan terapan.

Namun, karena hobi dan kenginginan yg kuat makanya sy terjun ke dunia pendidikan.
Ada beberapa tips utk mendirikan sebuah lembaga les matematika, kalo saya dulunya malah bekerja di lembaga bimbel Primagama.
Kalo saya sarankan ada baiknya didi gabung dulu ke salah satu bimbel di kotanya baru nanti mendirikan semacam lembaga bimbel. Tips2 nya antara lain :
1. Kuasai bahan materi ajar matematika dari SD- SMA terutama silabus (susunan materi yg akan diajarkan perjenjang, ini bisa didonlot aja di internet banyak kok)
2. Kuasai teknik mengajar matematika dg efisien, biasanya siswa senang kalomatematika di bawa enjoy bukan dibawa rumit, jadi katakan kpd muridnya matematika itu gampang
3. Gunakan alat bantu dalam mengajar, terutama skrg multimedia, (kalo bisapunya laptop bagus sekali) utk bahannya saya punya nanti kita bisa sharing file
4. bergabunglah bersama bimbel yg kompeten di kotamu, buat surat lamaran dan ikuti proses test yg dilakukan pemilik bimbel utk merekrut pengajar
5. Tetap jalankan les privat, disambing bergabung dg lembaga bimbel (utk memulai les privat, kalo saya dulu dg cara membuat brosure dan iklan di koran, alhamdulillah berhasil baik)
6. Percaya diri dalam menyampaikan materi (jangan ragu2) namun kalo salah dalam membahasa soal di depan siswa jangan sungkan utk mengakuinya alias sportif, namun perbaiki segera pada saat itu juga

utk semnetara itu dulu, nanti kalo ada lagi saya tambahkan.
kalo boleh sy tahu, kamu dari daerah mana??

86. rohmah - 31 Agustus 2009

yawdah kapan2 ya cz saat2 ni kita lagek butuh………………
thanx sir

87. rohmah - 7 September 2009

f'(x)=2x-1/x^2 dan f(1)=10untuk setiap titik (x,y)pada sebuah kurva, berlaku hubungan dy/dx=3x^2-4x.jika kurva tersebut melalui titik (-1,5). tentukan persamaan kurva!

88. rohmah - 7 September 2009

da pembahasan lain selain integral nda’?
kalau bisa pembahasan buat UAN program ps.
syukron katsir,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

89. diana - 11 September 2009

BAGAIMANA YACH CARA MENYELESAIKAN SOAL INTEGRAL DIMANA NILAI n=-1

90. diana - 11 September 2009

tolong donk..gimana cara menyelesaikan soal integral dimana nilai n=-1 atau integral dari x pangkat -1,,tolong berikan contohnya juga ych…
TQ

91. kuci - 12 September 2009

mas mnta referensi dan konsep belajar dari model pembelajaran time token,sulit bgt n di internet sm ja ky gitu ja penjelasannya,,pntg bgt.mksh

92. leilani - 13 September 2009

assalamualaikum…

lam knL y kak!
tlng bantu sy dun nyelesain soal ni:

integral sin 1/2x dx/x^2?

mohon pembahasannya segera y kak!tq b4.

wassalam…

93. senjapelangi - 16 September 2009

Mas robi, saya mau nanya dunk. Kenapa bilangan kalau dibagi “0” jawabannya ga ada… PAdahal ya nih logikanya, kalau kita punya roti trus dibagi buat “0” orang, hasilnya roti tetep utuh.. Gitu ngga sih??

kalo gitu gini juga logikanya….emang kita kalo ingin membagi sesuatu tentunya harus ada kepada siapa roti itu kita berikan kalo tidak ada org yg akan menerimanya tentunya roti tadi “tidak bisa” dibagi..makanya juga suatu binagn jika dibagi dengan nol maka jawabanya “tidak ada” atau tidak tentu” atau “tidak terdefenisi” jika ada yg menjawab “tak hingga” maka itu SALAH

94. Ariadi - 17 September 2009

pak…..lam kenal, sy yan ariadi ….mow nanya, gman cra menguasai logarimatma biar mahir,,,,he. suksma

95. Ariadi - 17 September 2009

cara belajra matematika yang efektif,,,tlg donk kirimkan ke email saya….maksi ngih

96. Dania - 17 September 2009

Pa,, bs ngasih cnth2 soal utk UN tdk ?

dania, ntar kalo dah sem II, kita bakalan bahas tentang soal2 UN kok tenang aja…ya…

97. aisyah - 29 September 2009

Assalamu alliukum. Mas tolg dong berikan tips agar ttp semangat dlm bljr mtematika, krn sy ambil jurusn matemtika. N gmn caranya agar mudah memahami mtmtika? Thanks

hm..sama berarti kita jurusannya…
dulu saya masuk matematika, karena emang minat saya utk belajar math, jadi dimulai dari minat dulu, kalo gak minat gimana caranya bisa suka sm matakuliahnya ntar…
cara mudahnya banyak sih intinya latihan soal, perbanyak mengerjakan soal yg ada dibuku2 pegangan yg kamu punya, kemudian dekati dosen yg mgkn kira2 bisa membantumu dalam memahami matematika, kemudian, kalo bisa apa yg sudah kamu kuasai, kamu “tularkan” atau kamu ajarkan pada teman2 yg belum mengerti nantinya kamu akan semakin mantap megasau materi tersebut.
oia, kalo bisa kamu cari murid SMA atau SMP buat kamu ajar privat sehingga dengan matematika kamu bisa punya penghasilan selama kuliah..heheh….dan lama2 kamu menyenangi matematika dengan sendirinya. segitu dulu ya lain kali kita disikusi…share aja lewat blog ini.

98. biandry lesmana - 2 Oktober 2009

hallo bang Robby salam kenal gue biandry n rendra anak meliau(KALBAR) anak SMK BINA BANGSA MELIAU. ini mau nanya ada gak bang Robi nyimpan soal-soal untuk UAN, law ada bagi dong law bisa langsung penjelasan nya..thanks()

salam kenal juga byand…
wah jarang2 ni anak kalbar mampir di blog saya….
kalo soal saya banyak sekali coz dulunya mantan guru walau sekarang msh tetap ngajar meski jadi PNS di BMKG,bagaimana kalo kita barternya lewat email aja?? tolong tuliskan emailnya nanti saya attach ke email kamu.
kalo soal pembahasan saya gak bisa cepat..mesti nunggu santai dulu coz kerjaan dikantor lagi byk2nya….setidaknya soal aja kan bisa ntar kamu bhs sendiri kalo g ngerti nanti baru saya bantu.

99. biandry lesmana - 3 Oktober 2009

oke mas roby, nie email gue biandry.lesmana@yahoo.com, n makasih mas atas kegunaan tangan kiri untuk menghafal tabel trigono………dengan adanya cara itu gue bisa hafal dengn cepat………

100. biandry lesmana - 4 Oktober 2009

bang robi nie mau nanya lok,,,,,,,,,,,,,,,biasanya law di UNAS tu ada gax keluar yang pengertian2 tentang matematika? jawab ya,

ya enggak adalah biand, yang namanya matematika mana ada soal tentang teori,kecuali kalo ulangan disekolah.

101. eko - 6 Oktober 2009

Mat pagi ka robimu?salam kenal dari aku,aku eko dari kendari mahasiswa UNHALU,to do poin aja ya ka?begini ka aku kesulitan untuk menjawab soal mate matika sebab materi yang diberikan oleh dosen kurang,n aku punya PR nih tapi aku tidak bisa jawab,materinya tentang HIMPUNAN….

102. biandry lesmana - 10 Oktober 2009

ngape bang robby gak pernah balas nieeeeeeeeeee, sibuk ke???????ya gak pa2 tapi law s4 balas ye

103. fitri - 17 Oktober 2009

mas, ga share buat yang kul juga nih….
kayanya berbagi pengalaman ketika kul ngambil jrsn matematika jg bagus…..

104. hesty - 20 Oktober 2009

blh gabung kan,..
bantuin ya mas,..
carilah derivatif pertama dari fungsi berikut ini dgn mnggunakan rumus limit dari hsil bagi perbedaan dimana dx mndekati 0.
a. f(x)=1/akar X+1
b. f(x)=X/X+1

105. nash - 29 Oktober 2009

Mas roby mau tanya nih, Ada tiga buah titik, A, B,dan C. jarak A ke B 3 cm, jarak B ke C 4 cm, berapakah kemungkinan (paling sedikit 10 kemungkinanan) jarak antara A dan C?

jawaban :

jarak antara A ke C kemungkinan : 1 cm, 1.5 cm, 2 cm, 2.5 cm, 3 cm, 3.5 cm, 4 cm, 5 cm, 6cm, 7 cm

yang jelas jarak terbesarnya adalah 7 cm, gak mungkin lebih dari itu, sedangkan jarak terpendeknya terserah kita tergantung bagaima kita membuat sudut BAC.
sudut terbesarnya 180derajat sedangkan sudut terkecilnya bisa saja 0,….1 derajat, semakin kecil sudutnya maka jarak A ke C semakin pendek juga. semoga bisa membantu penejelasan ini.

106. yani - 31 Oktober 2009

assalamualaikum.salam kenal.mas kasih saran dong buat sy.spy sy bisa menyukai matematika n mudah memahaminya.

107. SYAWAL DINA - 6 November 2009

ADA GAK RUMUS” UNTUK MENCARI LUAS SEGITIGA ” JIKA DIKETAHUI SUDUT, SUDUT, SUDUT, DARI SEGITIGA SEMBARANG?

108. yudha - 21 November 2009

mas mintak bantuan dunk…
gmn cara pembuktian hasil kali gradien yang tegak lurus = -1?
apa cara paling gampannya??

109. yudha archu - 23 November 2009

tolong dunk pembuktian garis tegak lurus hasil kali gradiennya adalah -1. thx

110. INDAH NURLAILA - 7 Desember 2009

i minta tlng ya kak.
gini ya saya bingung tentang bab logika kan disitu ada tabel nilai kebenaran kan misal dari p->q,dan disitu ada urutannya yg untuk p:BBSS dan q: BSBS .maslahnya boleh gak jika urutan p n q dirubah seperti p:SBSB n q:BSSB.THANK’S

boleh saja kok kita mau bikin p : SBSB asalkan nanti utk q kita sesuaikan, kalo p : SBSB maka q : SSBB, mksdnya p dan q itu kan adalah pernyataan, jika kita ingin mengetahui hubungan dari dua pernyataan maka kemungkinanya kan ada 4, kalo p Benar maka q bisa Benar makanya menjadi p : B q : B
p Benar maka q bisa Salah makanya menjadi p : B q: S
coba perhatikan yg dua bentuk diatas kan cuma itu kemungkinannya, nah apa kemungkinan lainya ?? ini dia,

P salah maka q bisa Benar makanya menjadi p : S q : B
p salah maka q bisa Salah makanya menjadi p : S q : S,

jadi ada untuk p bisa BBSS dengan temannya si q : BSBS

111. rizki wardani hardiyati - 7 Desember 2009

ugh.. tolong dong berikan alasan kenapa sih ketiga sudut segitiga jika di gabungkan akan membentuk sudut lurus?…….

112. melix - 9 Desember 2009

maO tanya ni,,,
gMna yaH cri suDut paDa biDang miring denGan caRa yanG LbiH gamPang aTo mdah???

113. Herry - 14 Desember 2009

mas tolong cariin gw soal UN tentang program linier n pembahasanya,,
klo bisa 5 soal , ,

114. RieV Edelweiss - 24 Desember 2009

ka, gimana cara ngerjain fungsi invers ?
makasii yeah kaa…

115. dyan eka putri - 26 Desember 2009

gile sob… bagi2 dunks job nya… hahahhahaaa… miss u prend !!

116. !@#$^&*)_ - 16 Januari 2010

PAgi,,,,

mO mintA toLong nie mAz,,,,
tuk tugas TRIGONOMETRI….

P’tnyaan udaH saya attaCh via Email….
mOhon BantUannyA!!!

tHnKS B4……

117. zY - 16 Januari 2010

pagi,,,

maz, mO minta tolong tuk p’tanyaan mathematic sputAr TrigonometrI
p’tnyaan na saya attacH via email,,,,,

thNK b4

118. pitige - 17 Januari 2010

mas bisa bantu jawab:
1. x5+4×2+px+q dibagi 3x+5 bersisa 3x+5
2. x5-3×3+px+q habis dibagi x2-x-2

119. Asri ana - 18 Januari 2010

huuff ,,,,,,,,mtk membuat Q pucingg ,,,,,,,
rumit sangat deh ,,,pa lgi BaXk 2gas ,,,ampun dah ,,

120. aldi - 29 Januari 2010

mas,,,untuk soal – soal UN ini gmn yah,,dan apa saja keluar bagi SMP?

121. cah STM Negeri Gombong - 13 Februari 2010

Tolong dong bantu aku nyelesain soal yg coekoep “njlimet” ini

Disuatu pagi seseorang yang tingginya 180 cm ingin mengetahui waktu,namun tidak da jam.Orang itu megetahui bahwa ditempat itu matahari terbit pada pukul 6 pagi dan pada pukul 12 siang matahari tepat berada di atas kepala.Jika pada saat itu panjang bayangan orang itu adalah 300 cm,kira2 pukul berapakah pada saat itu?

122. sri ayu lestari - 16 Maret 2010

Ka, ni mo nyata soal yang ini tolong bantu ya
Dik f(x-1)=x-1/2x-1 tentukan invers dari f(2x-1)=…….

balas ya ka’

Jawab :
Misal y = x-1 maka x = y+1, sehingga soal tadi menjadi

f(x-1) = x-1/2x-1
f(y) = (y+1) – 1 / 2(y+1) – 1
f(y) = y / 2y+1
jadi kalo di buat dalam f(x) = x/2x+1,
karena yg ditanya adalah invers dari f(2x-1) maka dicari dulu bentuk dari f(2x-1)
sebagai berikut :

f(x) = x/2x+1
f(2x – 1) = 2x – 1 / 2(2x – 1) + 1
f(2x – 1) = 2x-1 / 4x – 1
Invers dari f(2x-1) adalah x – 1/ 4x – 2

123. sri ayu lestari - 21 Maret 2010

Mkasih bnyak ka’ dh di balas .
Lam Kenal . ,,,,


zzz,

124. aya - 22 Maret 2010

mas, mau nanya…… angka 0 itu trmasuk blngn imajiner ato nyata….. trus, dia punya nilai g???????

Jawab :
Bilangan nol termasuk bilangan nyata (Rill), dan dia tidak mempunyai nilai

Sedikit akan saya jelaskan mengenai bilangan :
Struktur bilangan dimulai dari Bilangan Kompleks, didalam bilangan kompleks terdapat bilangan Rill dan Imajiner, jadi sebuah bilangan kompleks dapat dinyatakan dengan :

a + bi

dimana a,b = unsur bilangan rill, dan i = unsur imajiner

Bilangan Rill dimulai dari bilangan negatif, nol, dan bilangan positif, sehingga dalam bilangan Rill terdapat Bilangan Asli, Bilangan Bulat, Bilangan Genap, Bilangan Ganjil, Bilangan Prima

Bilangan Imajiner adalah bilangan yang ditandai dengan unsur “i” dimana i = akar(-1)

125. dania manroe - 23 Maret 2010

pak,, soal2 un yang dikasih,, z mow complain kah… byk yg kaga ada jawabannya…… bisa bahas bersama kah ????

126. dania ervina manurung(manroe) - 27 Maret 2010

pak robi, kalo mau nentuin gradien secara cepat tu gmana ? dania agak bingung. kmaren dania liat rizky ginanjar ,tp ga ngerti2… misalnya :
2x-4y-17=0
gradiennya berapa kah ,pak ???

JAWAB :

kalo spt soal diatas jawabannya , gradien = -2/(-4) = 2/4 = 1/2

Ulasannya begini dania,
kalo bentuk persamaan garisnya : ax + by = c atau ax + by + c = 0 atau ax + by – c = 0, maka rumus gradiennya adalah –>
gradien = – koefisien “x” / koefisien “y” , sehingga menjadi gradien = -a/b

contoh :

3x -2y = 8, koefisien”x” = 3, koefisien “y” = -2, jadi gradien = -3/-2 = 3/2

2y-x = 4, koefisien”x” = -1, koefisien”y” = 2, jadi gradien = -(-1)/2 = 1/2

kalo bentuk persamaan garisnya : y = px + q, maka rumus gradiennya adalah –> gradien = p

contoh :

y = 3x + 5 , gradien = 3
y= 4-2x, —> y = -2x + 4, gradien = -2
2y = 3x -8 –> y = 3/2 x – 8/2 –> y = 3/2 x – 4, gradien = 3/2

demikian dania….

127. dania ervina - 30 Maret 2010

aaaaadddddddddduuuuuuuuhhhhhhhh, ribettttt . . . .
jd -a/b kan INTINYA ???!!!

mmh,, clu itu tu pak,, yang nyari barisan yang ntar rumusnya 1/2n .,apakah ??? ribet ….

bisa jelasin kah ???

128. dania ervina - 1 April 2010

pak, ada soal2 un yang dnia tluis… ntar bahas masam yak ,pa……

129. amel lia - 2 April 2010

salam kenal da, saya gak pengen nanya matematika nih, tapi pengen nanya untuk apa sih uda buat blog ini? secara uda jawab pertanyaan mereka2 ini gak dibayar kan? so untuk apa? mo sedekah aja? ato ingin memperbaiki pendidikan matematika di tanah air kita tercinta ini? oh ya, aku juga tenaga pendidik, cuma pelajarannya bukan matematika, tapi fisika.
Trims sblumnya

Jawab :
hehehe, wah jarang2 nih yang nanya gini, alasan buat blog ini :
1. Ingin ilmu yg saya miliki gak pernah luntur, karena ilmu itu kalo di bagi gak bakalan habis pada kita, malah akan terus ingat dan bertambah
2. Kalo yg saya ajarkan manfaat, semoga pahala yg didapat bisa mengalir ke saya juga jadi dosa-dosa kecil yg saya buat bisa terhapus, setidaknya itu menurut saya heheheh
3. Biar tambah banyak yang menyukai matematika, karena matematika itu sebenarnya ilmu yang asyik utk dinikmati….

kalo kamu?? kenapa gak berbagi ilmu fisika di blogmu…hayoooooo…sama-sama..kita menebar ilmu….

130. dania ervina - 6 April 2010

pak ad soal un ni yang dnia bawa..
begina
1. nilai rata-rata MTK dalam suatu kelas adalah 72. nilai rata-rata pria adalah 69 dan rata-rata wanita adalah 74.jumlah siswa adalah 40. banyak siswa pria adalah ?
a. 24
b. 22
c. 18
d. 16

2. sebuah bak berbentuk tabung dengan diameter 70 cm dan tinggi 1,5 m terisi penuh dengan air. setelah terpakai untuk berbagai hal(keperluan), air sisa di bak tingginya 1,1 m. air yang dipakai adalah…

a. 154 ltr
b. 192,5 ltr
c. 308 ltr
d. 423,5 ltr

131. dania ervina - 6 April 2010

sori kepotong
3. ada gbr sebuah kerucut n bola yang diketahui r ;1,5
t ; 2 dan phi ; 3,14berapakah luas permukaan bandul tsbt ?
a. 21,195
b. 25 905
c. 31,793
d32,970
sebenarnya masih ada, tapi ada gambarnya. dania susah jelasinnya..

132. vionita - 12 April 2010

kegunaan turunan matematika dalam bidang ekonomi ap???
makasih

133. liankhan - 20 Mei 2010

pembuktian rumus gradien y = mx+c donk???

134. ati - 20 Juni 2010

salam kenal mas roby,
saya mo nyusun skripsi tentang bilangan real menggunakan metode scramble…. tp referensinya minim banget, boleh minta tolong kasih masukan gak… website, blog, ato judul buku2 yg berkaitan dengan materi skripsi saya itu…. thx be4….

135. mega - 25 Juni 2010

robi..
bisa tlong pecahkan soal ni g?..
1+1= berapa?..
hehe…

keren euy blognya..lanjuutt..:)

arsya bsok les ma om robi j yak,he..

gak mau ngajarin arsya, kalo arsyanya masih di papua hehehhe

136. Muhammad - 2 Juli 2010

mas kok belajar matematika itu susuah ya ….!!?
punya tips ngak baut yang ndak bisa-bisa belajar matematika ..??
apa sih dasar-dasar dari matematika ????

137. syahrisal - 15 Juli 2010

carilah nilai dari sudut-sudut trigonometri dari 0-360 ?
tlong donk kak di jawab secepatnya.karna perlunya hari sabtu..

138. muhammad - 20 Juli 2010

rumus joko gledek itu siapa penemunya? dan apa bisa di cek benarnya, tolong dijawab mas ya;;;;;;;

139. muhammad - 20 Juli 2010

saya tunggu jawabanya besok ya

140. Dhea - 28 Juli 2010

Saya mempunyai PR tapi saya tidak bisa mengerjakannya. Mohon bantuannya.
Soal:
Sisi-sisi sebuah persegi ditentukan oleh garis-garis dengan persamaan x+y=1, x+y=3, x-y=-1, dan x-y=1.
a. gambarlah persegi itu pada sebuah bidang Cartesius
b. carilah persamaan lingkaran yang menyinggung sisi-sisi persegi
c. carilah persamaan lingkaran yang melalui titik-titik sudut persegi.
(Matematika untuk SMA Kelas XI, Sartono Wirodikromo, Penerbit Erlangga, 2007. latihan 2 halaman 113 no 6)

141. dewi.mocca - 29 Agustus 2010

mas . . koq integral koq ssh tho . . .ngebedain’nya sama nerapin ke.rumusnya

142. blog bisnis - 15 September 2010

buat mas muhammad akan saya coba jawab :
1. mas kok belajar matematika itu susuah ya ….!!? ya, susah bagi yang gak suka, gak mau memperhatikan penjelasan.
2. punya tips ngak baut yang ndak bisa-bisa belajar matematika ..??
jawabnya : selalu berbakti pada ibu dan bapak serta guru…
3. apa sih dasar-dasar dari matematika ???? angka dan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian,

143. Arsul - 24 September 2010

Assalamu’alaikum. bang gmn kbar? ni Arsul yang waktu itu magang di BMG PAPUA. mahasiswa UNIPA. maap nih posting disni, gak tau sih mo posting dimana lagi…:D:D:D

144. mila - 26 September 2010

kak,, gimana carananya biar memahami persamaan garis,,, karena menurut saya susah dan logaritma,,,

145. Zulmi - 27 September 2010

Kak kalo Materi Luas/Volum Bola gmana kak?
Contoh Soa;

1.Sebuah besi berdiameter 20cm. Jika berat 1cm3 adalah 8,5 gram maka hitung: a.Volum bola besi
b.beratnya,..

kirim ke email ku ya kak!

uruhakouyou_96@yahoo.com

146. i made karisna - 10 Oktober 2010

mas gimana caranya ngitung rasio trigonometri sudut sembarang?
misalnya mw ngitung sudut 18 derajat?
tanpa menggunakan kalkulator…
tolong ya mas, besok saya mw persentasi..
thanks before

147. mashery - 13 Oktober 2010

Bagaimana caranya menjelaskan kepada anak bahwa suatu soal harus diselesaikan dengan KPK atau FPB?. Apa tandanya suatu soal bisa diselesaikan dnegan cara-cara tersebut?

148. widya - 19 Februari 2012

bagaimana cara untuk menghitung integral tak tentu?

149. M. Sanjaya - 1 Maret 2012

kak robi, kok ini malah tambah kesni, makin byk yang gak dijawab? aku juga mau tanya, khwtir gak dilihat…. masih aktif gak kak? maksih lohh sblumnya…

RobiMu - 1 Maret 2012

iya nih sanjaya, setahun blakangan saya gak aktif di blog ini,banyak urusan yg harus diselesaiakan…hm semoga tahun 2012 ini bisa eksis lagi..mohon maaf sebelumnya kepada pengunjung yang mengajukan pertanyaan yg tak saya jawab…kalo mau share mgkn bisa chat aja lewat YM sy di muhar5yah@yahoo.com, insyaallah selalu OL.

RobiMu - 1 Maret 2012

sama aja seperti integral tertentu cuman yang integral tak tentu gak ada batasnya..malah lebih mudah.

150. harry - 14 Maret 2012

kak..
untuk mencari sudut sin, cos, nd tan smpai 30-360 drajat gmn kak..?
pencerahan plzz..

151. Awang Nurjanah - 29 Maret 2012

assalamualaikum ka robi….
bantuin saya dong saya ada tugas kuliah untuk membuktikan secara dedukti kenapa sudut dalam segiempat 360 derajat ?

152. petrus fendiyanto - 30 April 2012

mas roby lam kenal…..
integral e pangkat x kuadrat dx????

RobiMu - 30 April 2012

hm jawabannya agak panjang nih..sebelum sy tulis mau tanya dulu, kamu kuliah ya??kalo SMA gak mungkin kali ya…

RobiMu - 30 April 2012

praktekan aja pada sebuah kertas yang berbentuk segi empat sembarang, kemudian robek masing2 sudut kertas tersebut, jika keempat sudut kertas tersebut saling mengisi satu sama lain sehingga tidak ada sudut kosong yang tersisa maka jumlahnya pasti 360 derajat (pada logikanya akan memang begitu)….

RobiMu - 30 April 2012

baca postingan saya tentang konsep merubah sudut lengkap disana semua…pahami dengan baik ya…

153. annissa m'c chibi - 1 Juni 2012

mas mau tanya nih,,,,,,,,
pelurus dari 92 derajat itu apa ya….?

jawab : sudut pelurus = sudut yang menyebabkan lurus (180 derajat) sehingga pelurus dari 92 adalah –> 180 – 92 = 88 derajat

154. riaandari16 - 16 Maret 2013

banyak.y pasangan bilangan asli
berbeda yg selisih kuadrat.y 2012
adalah …
tlong bntu ya mas !!
d tunggu jawabn.y

155. aweng - 18 Maret 2013

mas mau tanya

diketahui x-y=180 derajat, tentukan hasil dari sin x+sin y

156. sari - 29 Maret 2013

bagaimana cara menyelesaiakan soal ini??
Nilai dari sin 45 cos 15 + cos 45 sin 15 =?

157. Rivana - 31 Maret 2013

gan ane mau nanya nih kalou cara mudah menghapalkan sin cos tg sampai 360 derajat ni gimana ya gan??

158. nisa - 11 Mei 2013

buat jawab soal gini bagaimana?
tentukan hp dari persamaan,
2x-6y=4
x-3y=2

159. Krisna - 22 Juli 2013

Mas ini gimanaa Buat lah gambar Garis Berikut

Soal

1.)y=-2x+1 trus caranya gimana mas?

160. yayuk - 23 Juli 2013

ass
mas mau nanya nich ””” apa perbedaan dan persamaan kalimat pohon itu tinggi sama jumlah sudut dalam segitiga 180 derajat .adakah hubungannya dgn pelajaran matematika…….?

161. Yewonhae - 25 Juli 2013

Aku mau tanya dong boleh kan ?
pertanyaan ny gini
4 2/5 + 2 1/3 (bilangan campuran) = 22/5 + 7/3 = 66/15 + 35/15 = 101/15

nah kira2 bisa di perkecil ga ya ?
trimakasih

162. Vina - 8 September 2013

nanyak

Akar-akar persamaan kuadran 2x²+mx+16=0 adalah a dan b, jika a=2b dan a,b lebih kecil dari 0, maka nilai m=?

163. riswan - 15 September 2013

Tent.koefisien x^49 dr penjabaran:
(x-1)(x-2)(x-3)…….(x-50)
pake cara yaa thnx


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 29 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: