jump to navigation

BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) 27 September 2008

Posted by RobiMu in Seputar BMKG (BadanMeteorologiKlimatologiGeofisika).
trackback

BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika)

Nama Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) berubah menjadi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG. Perubahan nama ini sudah ditetapkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 4 September 2008. Secara sistem kerjanya tidak ada perubahan. Perubahan ini dimaksudkan untuk memperluas pengertian cakupan tugas-tugas instansi BMG (baca BMKG) yang dari dahulunya telah melayani masyarakat dalam bidang Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika.

Lambang BMG tidak mengalami perubahan

Lambang BMG tidak mengalami perubahan

BMKG merupakan instansi besar yang pegawainya tersebar diseluruh Indonesia Raya, termasuk saya salah seorang pegawai BMKG yang ditugaskan di kota Jayapura tepatnya di BALAI BESAR METEOROLOGI DAN GEOFISIKA WILAYAH V JAYAPURA, PAPUA.

Semoga dengan perubahan nama dan bertambahnya umur instansi BMKG, semakin membuat instansi ini mampu melayani masyarakat Indonesia dengan baik dan maksimal.

About these ads

Komentar»

1. Nadya Irwanda - 2 Januari 2009

Hai.

Tanpa bermaksud merendahkan, saya mau tanya, kenapa ya prakiraan cuaca BMKG sering sekali tidak tepat? Saat ini apalagi. Ramalannya hujan, tapi tiap hari cerah, atau paling tidak hanya berawan. Padahal BMKG memperkirakan puncak musim hujan akan terjadi bulan Januari atau Pebruari.

Dapatkah alasan peralatan kurang mutakhir dikedepankan?

Karena prakiraan cuaca BMKG berbeda jauh dengan Jepang dan Inggris yang 80%-90% tepat.

Satu lagi, apakah BMKG masih di bawah Departemen Perhubungan atau tidak?

Mudah-mudahan Anda sebagai salah seorang pegawai BMKG dapat memberi jawaban yang memuaskan.

Terima kasih.

2. RobiMu - 3 Januari 2009

Makasih atas atensinya di blog ini…..
Setau saya sebagai pegawai di BMG, utk prakiraan cuaca jangka pendek (cuaca harian) kita masih mengandalkan satelite yang dimiliki oleh jepang dan australia, jadi indonesia sendiri blm punya satelit utk mengurus secara khusus mengenai keadaan cuaca di indonesia.
Mengenai ketepatan prediksi cuaca, ini banyak sekali faktor yang memperngaruhinya, salah satunya adalah letak geografis, kalau boleh saya tau sdr. irwan ada didaerah mana?
Kalo untuk prediksi jangka panjang (musim) memang selama ini BMG masih terus mencari metode terbaik utk menemukan hasil prediksi yang akurat, ini juga tergantung pada data yang dimiliki oleh litbang BMG yang sampai skrg msh blm tercover secara lengkap. Jadi kalau menurut anda hasil prakiraan BMG msh belum akurat mgkn wajar karena selain data yg dimiliki blm lengkap, juga alat untuk mendapatkan data juga blm semutakhir jepang atau negara maju lainnya. Namun sekedar info, dibeberapa wilayah di Indonesia untuk ke depannya akan banyak di pasang radar cuaca yang akan sangat membantu memprediksi cuaca dgn akurasi yg tinggi seperti sekarang di kepulauan Biak sudah ada radar cuaca.

BMG tidak lagi berada dibawah dep.hub namun sampai sekarang seragam BMG msh menggunakan logo dep.hub harusnya dah diganti namun belum ada kebijakan resmi.

sekian penjelasan saya, salam kenal, jangn lupa mampir lagi diblog ini.terimakasih.

3. Andre - 15 Januari 2009

Hai

Saya mahasiswa Australia asal Indonesia yang konsen di bidang Climate Change Adaptation, semoga kita bisa saling berinteraksi dan bisa lakukan yang terbaik untuk Indonesia

4. RobiMu - 19 Januari 2009

Hi juga andre..semoga kita dapat saling bertukar informasi juga seputar ilmu klimatologi, kalo di BMG saya konsen dengan klimatologi secara statistik, disini saya menggunakan beebrapa metode untuk membuat prakiraan jangka panjang diantaranya menggunakan software minitab untuk metode ARIMA, trus ada metode WAVELET, ANFIS, TIME SERIES ANALISIS, trus ada juga REGRESI. Mgkn kalo anda berminat mgkn kita bisa kontak2 lewat email aja.

5. Agung K. Sugiharto - 3 Februari 2009

Hai,

Saya Agung, bekerja di perusahaan swasta jasa televisi berbayar di Jakarta. Atas nama tempat saya bekerja, saya ingin bisa menyampaikan permohonan kepada BMG mengenai Sistem Diseminasi Info BMG. Namun sepertinya alamat email info@bmg.go.id tidak ditemukan dan email saya selalu kembali. Mohon bantuan update alamat email untuk bisa menyampaikan permohonan tersebut.

6. RobiMu - 4 Februari 2009

pada sdr. agung
untuk SMS layanan dari BMG hubungi : 085694446666
atau telepon ke : 021 4246321

7. Agung K. Sugiharto - 4 Februari 2009

dear RobiMu,

No. SMS layanan dari BMG seperti terlihat di website BMG terkini untuk sementara tidak bisa melayani pertanyaan/kontak dari masyarakat. Saya sebelumnya sudah pernah kirim SMS dan malah disarankan untuk mengirimkan email ke info@bmg.go.id untuk menindak lanjuti Sistem Diseminasi Info BMG tsb namun alamat email tsb tidak dikenali dan kembali kepada saya. Jika menghubungi ke no 021-4246321 siapa kontak person yang bisa saya hubungi?

8. joko firmanto - 9 Februari 2009

Halo mas slm knl meski aku bukan peg BMKG tp boleh ya mas brtukar pglaman, aku lulusan matematika jg dan dtrma d slh satu LPND yaitu BPS tahun 2008, skrg br nunggu sk cpns. btw mau nanya2,krja d LPND enak ga mas, kesejahteraan pegawai gmn? klo anak baru, gajinya brp mas totalnya? ada kbr remunerasi ga mas buat LPND kayak Depkeu, BPK atau MA gtu. klo sempat bls ya mas ke emailku.

9. trii - 4 Maret 2009

halo slam kenal mas

saya mahasisiwi ipb deprten geofisika dan meteorologi

sya mu tanya website nya bmkg apa ya??

trus kalo mu dapat data iklim secara detail di masing2 daerah itu dimana yah?? meliputi curah hujan, temperature, dll..

mas kerja d bmkg ya??
dulunya lulusan mana??

tLong djab yah.
hee

maksih banyak ..

salam kenal juga…
websitenya bmkg : http://www.bmg.go.id

kalo mau dapat data semua daerah bisa hubungi kantor BMG didaerah yg bersangkutan. Kalo kamu mau data iklim di bogor bisa menghubungi stasiun klimatologi DARMAGA Bogor.

yup saya kerja di BMG BAWIL V JAYAPURA asalne dari Padang Sumbar matematika univ andalas

oke cukup kenalannya yah hehe…

kalo kamu jurusan apa??
saya ada kenal beberapa anak2 statistik IPB

10. RobiMu - 4 Maret 2009

salam kenal juga…
websitenya bmkg : http://www.bmg.go.id

kalo mau dapat data semua daerah bisa hubungi kantor BMG didaerah yg bersangkutan. Kalo kamu mau data iklim di bogor bisa menghubungi stasiun klimatologi DARMAGA Bogor.

yup saya kerja di BMG BAWIL V JAYAPURA asalne dari Padang Sumbar matematika univ andalas

oke cukup kenalannya yah hehe…

kalo kamu jurusan apa??
saya ada kenal beberapa anak2 statistik IPB

11. trii - 4 Maret 2009

jurusan meteorolgi terapan
fakultas mipa juga..
ouh gitu yah..
klao nanya lewat telpon dilayani kan??

sapa namanya?/
n angkaatn brpa??

salam kenl yah

maksh

12. veronica - 19 Maret 2009

hai kamu sdh berapa lama aktif di BMG n kerja di papua di stamet ato balai

13. RobiMu - 19 Maret 2009

dibalai 5..kalo kerja baru setahun ini…
salam kenal dari Papua……

14. RobiMu - 19 Maret 2009

oia buat trii, maaf baru balas sekarng kemarin ini sibuk banget,
tuh namau robimu..panggilnya robi aja
angkatan 02

semoga bisa tukar informasi seputar meteo dan klimat…
krena aku juga baru belajar…

15. Dewi - 11 April 2009

Hi… Salam Kenal

Saya sedang mengeksplore tentang metode-metode dalam pendugaan curah hujan -> spatio temporal dan belum memperoleh metode yang sesuai yang saya inginkan yakni model yang diduga berbasiskan statistik. Ada informasi tentang hal ini? Di antara metode2 berikut, mana yang terbaik: WAVELET, ANFIS, TIME SERIES ANALISIS? Bagaimana dengan pendugaan data hilang?

Terima kasih.

Salam…

sudah saya jawab ke emailnya

16. Estelle - 16 April 2009

salam dari malaysia,

saya sedang menjalankan dissertation saya dan topiknya adalah “timeseries rainfall data of various location in indonesia.”

saya uda beberapa kali menelefon bmg tapi gak diangkat telefonnya.

ada gak contact person yang bisa ditanya mengenai data tersebut?

harap di email segera, terima kasih.

kalo sdr mau info lengkap ttg klimatologi dan sebagainya coba kunjungi blog : kadarsah.wordpress.com

17. Dyah - 3 Juni 2009

Hai..
gimana ya caranya supaya dapat data-data cuaca 3 tahun kebelakang, soalnya saya kemaren k BMG tapi ga boleh minta datanya dan disuruh bayar…
kok gitu ya…

18. Ratih Dwi Astuti - 8 Juli 2009

assalamualaikum..
saya Ratih mahasiswi Statistik UNDIP semarang. saya berencana ingin mengambil topik tentang peramalan di bidang cuaca (klimatologi), tapi saya agak bingung topik apa yang sebaiknya saya ambil?? mhon sarannya,, oia, tmbahan,, februari kemarin saya magang di BMKG klimatologi semarang dan membuat laporan tentang prakiraan awal musim dengan arima, nah untuk skripsi saya kyk e nggak boleh lg pke ARIMA.. Mohon bantuan

silakan buka emailnya, sudah saya balas di email anda kemarin….

19. vinsensiana - 15 Juli 2009

saya ingin sekali menjadi anggota BMKG…..tapi saya tidak tahu harus kuliah di universitas mana?

20. vinsensiana - 15 Juli 2009

oh..yah..saya lupa untuk minta bantuannya untuk menjawab pertanyaan saya terima kasih….

ikuti aja terus perkembangan BMKG lewat situs http://www.bmg.go.id
untuk bekerja di BMKG ada 2 cara pertama bergabung di akademi meteorologi klimatologi dan geofisika, yang kemarin baru saja menerima mahasiswa baru yg berlokasi di ciputat (kuliah selama 3 tahun)
atau kedua lewat jalur umum (kemungkinan tahun ini ada penerimaan pegawai) biasanya yang diterima di BMKG pada umunya dari jurusan meteorologi, geofisika, teknik informatika, elektronika, akuntansi, jadi tentunya jika ingin bergabung kuliahnya disesuaikan dengan yg dibuthkan BMKG.

21. Nur - 21 Juli 2009

Salam Kenal…

Saya Mahasiswa Statistika IPB, Saya sekarang sedang menulis tugas akhir dan Saya butuh data faktor lingkungan (curah hujan, temperatur, dll) di 10 lokasi lingkungan percobaan ( purworejo-JaTeng, Ngawi-JaTim, kulonprogo-DIY, Sukamandi-JaBar, Tabanan-Bali, Maros-SulSel, Lombok Barat-NTB, Taman Bogo-Lampung, Rangkas Bitung-Banten, pasar Miring-SumUt). Faktor lingkungan yang Saya butuhkan pada tahun 2008 dan bulan-bulan tertentu. Kira-kira Saya bisa mendapatkan informasi tersebut di BMKG tidak?? atau mungkin Anda tahu dimana Saya bisa mendapatkan informasi tersebut?? Mohon bantuannya…

-Terima Kasih-

anda dapat menghubungi, balai II BMKG untuk wilayah pulau Jawa
Balai Besar Wilayah II Ciputat Jl. KP Bulak Raya Cempaka Putih – Ciputat telp 021-7402739, 7444338, 7426485 fax 021-7426485 ; 021-74709283 website : http://bbmgwil2.bmg.go.id/

balai III BMKG untuk wilayah Bali dan Nusa tenggara Balai Besar Wilayah III Denpasar Jl. Raya Tuban, Badung, Bali. telp 0361-751122 fax 0361-757975 website : website : http://www.bmgbali.com

22. andi - 24 Juli 2009

oi
tau ndak tentang tugas beasiswa atau apalah namanya buat nyambung dari d3 ke s1?
kalo ado kabar yo

23. Fuad - 28 Juli 2009

saya butuh sekali data IKL (curah petir) bulanan pada tahun 2008. saya minta tolong agar segera dikirimkan ke email saya.makasih atas bantuannya.

24. vinsensiana - 1 Agustus 2009

terima kasih banyak atas bantuannya^_^

25. Dewa CuTe - 17 September 2009

Saya tadi ngelamar kerja disana……….. tapi saya tak tau letaknya, katanya datang langsung… help me

26. trii - 18 Oktober 2009

hai kak robi..pa kbr?? iya sama2.. sya juga perlu info2 dari kakak neh.. apalg nanti pas smestr akhir.. hee

27. Feriharti Nugrohowati - 7 November 2009

slm kenal kak,
saya ferin taruni AMG TA 2007/2008. skrg msh di bangku tingkat 3 semester 5 jurusan meteorologi..
kak,,tahun ke tiga ini agendanya seminar di smstr 5 dan sidang Tgs Akhir di semstr 6,
saya ingin minta tlong sm kakak, tny ttg TA yg mw sya buat..
kebetulan saya dpt dosen pembimbing bidang klimatologi, jd tema TA yg saya ambil tdk jauh2 dari membahas klimatologi.
Ada masukan dari kakak tdk ttg tulisan ap yg sebaiknya saya buat..?
rencananya saya ingin menulis tentang prakiraan awal musim dg mnggunakan data hujan atau suhu mnggunakan software minitab metode arima anfis dsb yg masuk kedalam software HyBMG.
atw membandingkan dari byk metode tsb, mana yg paling baik dipakai untuk validasi musim di suatu daerah..
tapi saya msh bingung gmn teknis menyusunnya dan membuat tulisannya..
sya bingung nantinya ap aj yg dibahas dan poin2 ap yg hrs saya jelaskan dalam tulisan saya agar bs mendapat hasil yg dicari.

satu lg, tulisan2 dgn judul itu sepertinya dah biasa dan byk ditulis sblmnya oleh yg lain, makanya saya bingung, ap lg yg bgs untuk dibahas seputar klimat untuk dijadikan tgs akhir..
mgkn kakak ad masukan bwt saya yg sedang pusing ini…

ada contact person kakak yg bs saya hubungi tdk, untuk konsultasi..?
kl ada tlong kirim ke email saya yah..

trmksh kakak..
ferin tunggu jwbnnya..

28. firma - 10 November 2009

Salam kenal buat semuanya.
Saya lihat pengumuman hasil ujian cpns bmkg formasi tahun 2009 sudah keluar dan pendaftaran ulangpun sudah dilakukan.
kalau boleh tahu kapan/bulan brapa SKnya keluar? kalau tidak ada jadwal pasti, tahun 2008 lalu SKnya keluarnya bulan berapa?

Terimakasih..

tanggal 1 januari 2010 sudah terhitung CPNS, jadi paling lambat pertengahan januari kamu dah harus masuk kantor. thanks udah mampir di blog saya…salam blogger

29. cinz - 24 November 2009

Hai…
mohon infonya…gimana caranya memperoleh data temperatur tahunan kota (T min, Tmas) kota2 di Indonesia…Saya liat web BMG tapi yg ada cuma kota2 tertentu aja pdhal saya butuh kota2 lain jg bwt ngerjain tugas…
Atau bisa bantu infonya utk kota medan,banten,bogor,dan cirebon ??
Thx a lot

kalo sekarang posisi anda di jakarta silahkan datangi kantor BMKG Pusat di jalan kemayoran, kalo anda ada diaerah silahkan hubungi stasiun BMKG terdekat dr tempat anda, dan coba tanyakan mengenai data suhu, biasanya utk beberapa kota di t4 anda datanya tersedia disana.

30. dedy_irjayanto - 25 November 2009

buat ferin aku punya beberapa artikel ttg klimat yg d susun oleh pak urip kasklim pdk betung,,,ya siapa tau bisa d pakai sbg bahan renungan TA
dari Dedy irjayanto
eks cadet of AMG th 2006

31. dedy_irjayanto - 25 November 2009

mas robi salam kenal aku dari stageof angkasa

32. Rikarjo silitonga - 25 November 2009

Selamat pagi.
Saya mahasiswa dari UNSRI palembang, ada rencna ngambil data tugas akhir k BMKG. Saya mau nanya, prosedur nya gmn?

33. syamsul - 5 Januari 2010

aslmmm….. mas roby blh minta tulisannya tentang korelasi sst dengan hujan di merauke,,, untuk nambah” referensi buat TA… slm kenal syamsul anak AMG

34. syamsul - 5 Januari 2010

aslmmmm….. mas punya referensi tentang sst dan hujan nga? buat nambah referensi… kirim ke emeilku…. syamsul.aco@gmail.com

35. RobiMu - 6 Januari 2010

buat syamsul : ya boleh aja, tulisan saya ada di jurnal edisi 2009 ini, silahkan digunakan dengan bijak.

36. ardian - 6 Januari 2010

Asw,
Saya mahsiswa yg melakukan penelitian mengenai ramalan cuaca, kalo boleh tau sekarang berapa % ketepatan ramalan di BMKG??
Terimakasih

37. RobiMu - 6 Januari 2010

buat ardian : masing2 daerah melakukan verifikasi sendiri untuk prakiraan, baik itu harian maupun bulanan. saya lebih fokus pada klimatologi utk prakiraan bulanan atau musim, untuk daerah saya sendiri di papua akurasi kebenran berdasarkan metode yg saya gunakaan adalah 70-80% namun utk daerah lain sy kurang tau. Jika ingin mendapatkan secara umum dr BMKG pusat, anda dapat langsung datang ke BMKG pusat, disana ada bagian meteorologi dan klimatologinya.trmksh

38. josep rismanto - 17 April 2010

halo..
saya josep Rismato mahasiwa undip..sedang menyelesaikan skripsi.
mau nanya..bagaimana cara mendapatkan data angin harian di pulau bali..apakah ada syarat2 khusus?tolong konfirmasinya ya…terutama data harian tahun 2009 pulau bali..saya masuk ke blok sesorang yang menyediakan data angin tapi disitu gak ada data angin bali dimuat..tolong bantuannya…thanx

39. restu - 15 Mei 2010

Assalamulaikum Robi

Masih ingat..saya restu dr Puslitbang,aq pernah berkunjung ke Balai V bersama2 bpk. Prabowo, sekedar sharing ja Robi..aq jg dari matenatika fokus ke statistik UNDIP smg,,menurutmu bisa gak jika kita memprediksi data SPL (Suhu permukaan laut) dengan metode statistik??mengingat ada banyak faktor pembentuk SPL yang harus dipertimbangkan dan peramalan dengan statistik tidak pernah memperhitungkan skala spatial, lebih mengutamakan pemodelan pada dataseriesnya untuk nantinya diperhitungkan dalam peramalan..apakah SPL bisa kita kategorikan sebagai data runtun waktu?
tks banyak atas jawabanyya..aq pengen banyak berdiskusi dgnmu

Waalaikumsalam

Restu Tresnawati

btw, maaf telat balas, soalnya sibuk belakangan ini…heheh…kalo secara statistik, asalkan dia berupa numerik bisa saja dibuat prediksinya mb, setau saya teman2 di deputi klimat sudah melakukan ini, hanya saja tingkat akurasi dari hasil prediksi yang diberikan tidak pernah dikaji secara lebih dalam, karena sekarang sudah ada metode validasi data spt ROC yang digunakan sebagai standar di WMO. kalo SPL memang dikategorikan sebagai data series, seperti yang bisa kita dapatkan di web nya IRI.

40. jangkrik - 18 Mei 2010

kalo prakiraan meleset karena totalitas kerja yg kurang bagus maklum gaji pns sedikit nunggu remunerasi blm tau jd ya konsen nyari sampingan

bisa jadi bos, kali aja emang pegawai BMG kebanyakan nyari objekan dr pada ngurusin kantor yang gak jelas…hahahhaha

41. silvi - 29 Juni 2010

Aslm.
Saya mahasiswa ipb jurusan meteorologi. saya sangat tertarik dan penasaran dengan meteorologi. Saya mohon bantuannya ya ka. nanti boleh nanya-nanya kan? hehe. makasih.

boleh aja silvi, mungkin saya juga bisa share soal meteorologi dan klimatologi…

42. winangsit - 24 Juli 2010

itu logonya masih salah pak, garis birunya kurang satu.

43. rinto - 30 Agustus 2010

hai..
saya rinto. saya sedang melakukan penelitian tentang DBD dan malaria di jayapura.yang saya mau tanyakan adalah bagaimana curah hujan pada bulan maret di jayapura. terimakasih

44. eka kopral c0mrade - 7 September 2010

@Nadya “Karena prakiraan cuaca BMKG berbeda jauh dengan Jepang dan Inggris yang 80%-90% tepat.”

Inggris, Jepang berada di wilayah/daerah garis lintang tinggi, para prakirawan disana lebih mudah menebak, memperhitungkan cuaca, karena kondisi tsb. prakirawan kitapun jika disuruh memprakirakan cuaca disana g ada bedanya sama mereka.

begitupun mereka… akan kewalahan jika memprakirakan cuaca di daerah lintang rendah/tropis, apalagi wilayah dengan iklim ekuatorial seperti biak

45. jeck - 18 Februari 2011

alamat web bmg sudah ganti jadi http://www.bmkg.go.id

46. Ira - 12 November 2011

Met pagi mas roby.. lam kenal..
Mas, sy masy. papua n membutuhkan data klimatologi untuk wil. papua..
Apa bsa sy dibantu??..
Thx a lot ya..
Salam..

47. dhea - 8 Januari 2012

mas,, saya mhsiswi fisika yg lagi mau nyusun skripsi,, untuk mslh geofisika nya kira-kira judul yang cocok kalau saya mau TA di BMKG apa ya mas?? tolong kasih referensi dikit ya mas,, trmakasih..

48. Donny Anggoro - 20 Februari 2012

Assalamualaikum kak robi,

Saya mahasiswa uin jakarta semester dua, tapi insya Allah saya berminat untuk mengikuti tes seleksi AMKG. Boleh minta info nya gak kak tentang mata kuliah, tantangan, dan keuntungan bisa bekerja di BMKG. Semoga kakak masih aktif cek blog ini ya kak, minta share info nya dari kakak. Terima kasih sebelumnya :)

49. ferin89 - 20 Februari 2012

@Donny Anggoro, saya sarankan coba buka http://amg.ac.id/pubs/Pengumuman_Sipencatar_2012.pdf. Disitu ada syarat&tgl seleksinya..
semoga sukses yaa… :)

@ka robi , miss u ka….
gmn kabar adek kecilnya…
salam buat maminya juga yaa… hehee..
lama nih ga ngobrol2&ngakak bareng lagi…
tapi moga aja ga lupa sama ferin lah yaa…
oya, ada pengunjung yang nanya tuh..
sekedar membantu aja krn dpt notification lewat email.. selebihnya wewenang ka robi untuk menjawab…
hehee :D

RobiMu - 21 Februari 2012

kalo soal untung ruginya relatif sih, sptnya nya utk jawab pertanyaan kamu perlu banyak cerita ttg kerja di bmkg, add YM sy di muhar5yah@yahoo.com aja,…insyaallah nanti sy jawab semua yg berkaitan dg kerjaan di bmkg

RobiMu - 21 Februari 2012

ya kalo sm ferin insyaallah gak lupa lah hehehe…
kabar kk baik, jagoan kk juga baik tp skrg agi sakit batuk…
kapan kamu main k kntr pusat lagi??mampirlah…

RobiMu - 21 Februari 2012

kontak ke muhar5yah@yahoo.com, data daerah mana nanti sy coba bantu

50. ferin89 - 22 Februari 2012

waahh… kacian.. cepet sembuh deh ponakan..
insyaAlloh kalo ada kesempatan, diklat atau sebagainya..

tulisan kk yg lama udah jadi belum..
maaf ya belum jadi bisa bantu kemarin, biasa kalo di daerah diminta data terlalu panjang prosesnya.. itu yang bikin males :(

kalo ferin mampir pusat, sekarang kk ada di bagian apa..

RobiMu - 1 Maret 2012

kebetulan saya bukan bekerja di bidang geofisika, karena di BMKG saya bekerja di bagian klimatologi, jika di tempat mu ada stasiun geofisika BMKG bisa mampir ke sana untuk sharing mengenai TA yang akan kamu buat.

51. ramos - 28 Maret 2012

hai,,
slam knal yah….

bleh gk aq tnya, susah kh blajar di universitas BMKG…
n apa jah yg kita pelajarin di BMKG ???

mohon di jawab :)

BMKG punya AKADEMI yang dinamakan AMG ,kalau saya masuk BMKG lewat jalur penerimaan umum jadi bukan lulusan AMG, setau saya kuliah disana menarik pelajaran yg harus dikuasai tak lepas dari fisika, matematika.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 27 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: